Wajah Cerah Bukan Hanya Angan, Yuk Ikuti Tipsnya

WAJAH CERAH BUKAN HANYA ANGAN, YUK IKUTI TIPSNYA

Kulit yang kusam ditengah aktifitas sering kali mengganggu, terutama jika harus bertemu atau rapat dengan klien. Bagaimana agar kulit terlihat bercahaya sepanjang hari?

Mengatasi kulit kusam bukan hanya dengan pemakaian produk perawatan kulit, namun untuk mendapatkan perubahan yang besar maka jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi juga perlu dijaga. Melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi, kulit mendapatkan asupan nutrisi hariannya. Berikut beberapa tips untuk mendapatkan kulit yang cerah dari dalam:

Jenis makanan yang dikonsumsi
Cara terbaik untuk benar-benar membuat kulit bersinar dari dalam adalah dengan memastikan bahwa mengkonsumsi makanan sehat. Vitamin C merupakan salah satu nutrisi dalam makanan dan merupakan antioksidan kuat. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh karena dapat menjaga system kekebalan tubuh dan merupakan nutrisi utama yang dapat membuat kulit sehat dan bercahaya. Vitamin C dapat ditemukan dalam banyak buah dan sayuran seperti papaya dan jeruk.
Jenis minuman yang dikonsumsi
Mengkonsumsi air sebanyak 9-13 gelas sehari atau dua botol air dengan volume 1 liter dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Selain air putih terdapat dua jenis minuman yang dapat menyehatkan kulit adalah air kelapa dan jus segar. Air kelapa memiliki sifat hidrasi yang kuat dan juga merupakan sumber vitamin C, kalium, kalsium dan magnesium. Jus memiliki berbagai nutrisi dan vitamin yang bagus untuk menyembuhkan kulit dan menjaga kesehatan. Hindari konsumsi jus menggunakan gula dan pengawet.
Tidak merokok
Seseorang yang merokok dapat mengalami gejala penuaan lebih dini dari orang yang tidak merokok. Merokok dapat menimbulkan garis-garis halus dan kerutan lebih dalam dan lebih banyak. Merokok juga dapat merusak kolagen dan elastisitas kulit.
Rutin berolahraga
Memiliki tidur yang berkualitas selama 7-8 jam pada malam hari
Mengontrol stress
Stress yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kulit lebih sensitive dan memicu terjadinya jerawat dan masalah kulit lainnya.

Bagaimana cara merawat kulit dengan tepat?
Selain kebiasaan dan pola makan sehat, produk perawatan kulit juga berperan penting untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Sebelum memilih produk perawatan kulit maka perlu mengetahui terlebih dahulu jenis kulit yang dimiliki. Berikut beberapa jenis kulit dan tandanya:

Kulit kering ditandai dengan kulit seperti bersisik atau kasar
Kulit berminyak ditandai dengan kulit berkilau, berminyak dan memiliki pori-pori besar
Kulit kombinasi ditandai dengan kering dibeberapa bagian seperti pipi dan berminyak pada bagian lain seperti dahi, hidung dan dagu.
Kulit sensitive ditandai dengan kulit terasa menyengat, terbakar atau gatal setelah penggunaan riasan atau produk lain
Kulit normal ditandai dengan kulit seimbang, jernih dan tidak sensitive

Beberapa tips penggunaan produk perawatan kulit seperti:

Menggunakan tabir surya
Gunakan tabir surya yang memiliki spectrum luas yang dapat melindungi dari sinar UVA dan UVB dengan SPF minimal 30. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit kusam, kasar dan warna kulit jadi tidak merata.
Menjaga kulit tetap bersih
Cuci wajah dua kali sehari yaitu saat pagi dan malam sebelum tidur. Gunakan pembersih atau sabun yang lembut. Jangan menggosok wajah dan bilas dengan air hangat lalu keringkan. Setelah membersihkan wajah, gunakan toner dan pelembab. Toner dapat membantu menghilangkan sisa minyak, kotoran dan riasan yang mungkin terlewatkan saat tahap pembersihan. Pilihlah pelembab sesuai dengan jenis kulit.
Menggunakan masker
Masker dapat menjadi terapi yang bagus untuk memberikan hidrasi yang dibutuhkan kulit, mengeluarkan minyak yang berlebih, membersihkan kulit mati dan meningkatkan kelembapan kulit.
Hindari menggunakan riasan saat tidur
Tidur tanpa membersihkan riasan pada wajah dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat.
Produk riasan non-comedogenic
Pilihlah produk yang tidak menyebabkan jerawat atau non-acnegenic dan tidak menimbulkan komedo atau non-comedogenic. Pilihlah riasan yang berbahan dasar air. Pada produk pasti tertera tanggal kadaluwarsa, namun sebaiknya hindari penggunaan mascara lebih dari 4 bulan.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

Healthline. The Inside-Out Guide to Getting Your Skin to Glow. Diperoleh 13 Agustus 2018 dari: https://www.healthline.com/health/guide-how-to-make-skin-glow#1
Mayo Clinic. (2018, 12 Januari). Skin care: 5 Tips for Healthy Skin. Diperoleh 13 Agustus 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/skin-care/art-20048237
WebMD. (2018, 02 Januari). Building Your Perfect Skin Care Routine. Diperoleh 13 Agustus 2018 dari: https://www.webmd.com/beauty/glowing-skin-18/slideshow-skincare-routine
WebMD. (2018, 30 Januari). Skin Care Basics. Diperoleh 13 Agustus 2018 dari: https://www.webmd.com/beauty/skin-care-basics
WebMD. (2012, 08 Oktober). 6 Secrets to Gorgeous Skin. Diperoleh 13 Agustus 2018 dari: https://www.webmd.com/beauty/features/tips-for-gorgeous-skin#3