Trik Meningkatkan Nafsu Makan Anak

TRIK MENINGKATKAN NAFSU MAKAN ANAK

Pernahkah tiba-tiba anak tidak mau makan? Memaksa anak untuk menghabiskan makanannya bukanlah cara yang tepat karena dapat menyebabkan trauma saat jadwal makan tiba. Mari cari tahu triknya

Ada periode dimana anak-anak kehilangan nafsu makan sekalipun diberikan makanan kesukaannya. Beberapa cara dapat dilakukan untuk membuat waktu untuk makan menjadi menyenangkan. Mengajak anak makan bersama dengan seluruh anggota keluarga dirumah dengan suasana yang menyenangkan dapat membantu meningkatkan selera makan pada anak.

Apakah Penyebab Anak Tiba-Tiba Susah Makan?
Kondisi kesehatan yang sedang tidak baik dapat menyebabkan anak kehilangan nafsu makan, seperti sakit tenggorokan, demam, fase tumbuh gigi atau gejala lainnya. Jika tanda dan gejala yang terlihat pada anak tidak membaik maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.
Bila tidak ada tanda dan gejala terjadinya gangguan kesehatan, terdapat beberapa penyebab anak kehilangan nafsu makan:

Anak mengkonsumsi makanan di sela jadwal makan
Anak mengkonsumsi jus atau susu di sela jadwal makan
Anak kelelahan karena kegiatan yang dilakukan
Untuk anak diatas 1 tahun, akan mengalami penyesuaian nafsu makan sesuai dengan usia, tingkat aktifitas, masa pertumbuhan, dan kondisi emosional

Trik Meningkatkan Nafsu Makan Anak
Jika penurunan nafsu makan tidak disebabkan oleh gangguan kesehatan atau fase tumbuh gigi, maka terdapat beberapa trik untuk meningkatkan kembali nafsu makan anak, seperti:
Ciptakan Suasana Nyaman saat Makan
Jadikan waktu makan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Berikan beberapa jenis makanan, dan biarkan anak memilih makanan yang ingin dimakan. Berfokuslah pada jenis makanan yang disukai.

Berikan Porsi Kecil pada Anak
Memberikan porsi kecil pada anak namun beberapa kali merupakan trik yang dapat dilakukan ketika anak tidak dapat langsung makan dalam jumlah yang banyak.

Hindari Melakukan Pemaksaan Pada Anak
Berikan makanan pada anak sejumlah yang diinginkan dan jangan memaksa anak untuk makan. Biasakan anak untuk menikmati makanannya.

Ajak Anak Ikut Serta Membuat Makanannya
Selama membuat makanan, ibu dapat menjelaskan pada anak tentang nutrisi yang terkandung pada makanan dan manfaatnya bagi tubuh. Hal ini dapat membuat anak secara perlahan menyukai makanan dan menghabiskan makanannya.

Hindarkan Televisi Saat Makan
Memiliki kebiasaan untuk tidak menonton televisi atau you tube saat makan. Jelaskan kepada anak alasan  untuk menikmati makanan tanpa aktifitas lain.

Mengajak Anak Melakukan Aktifitas Fisik
Ajak anak melakukan beberapa kegiatan diluar rumah seperti bersepeda atau berenang atau bermain di halaman dengan teman sebayanya.

Berikan Camilan Sehat
Camilan kemasan memiliki kandungan tinggi gula dan kalori yang dapat menurunkan rasa lapar pada anak. Berikan anak camilan yang sehat seperti buah, jus atau sayur dengan olahan yang enak dan menarik.

Sumber:

About Kids Health. (2010, 04 Juni). Appetite Slump In Toddlers. Diperoleh 30 Januari 2019 dari: https://www.aboutkidshealth.ca/Article?contentid=637&language=English
Healthline. (2016, 07 September). What’s Causing My Fatigue and Loss of Appetite. Diperoleh 30 Januari 2019 dari: https://www.healthline.com/health/fatigue-and-loss-of-appetite
Parenting. (2018, 11 Juli). How To Increase Appetite In Kids – Tips and Foods to Eat. Diperoleh 30 Januari 2019 dari: https://parenting.firstcry.com/articles/how-to-increase-appetite-in-kids-10-effective-ways/