Tetap Sehat Setelah Berlibur

TETAP SEHAT SETELAH BERLIBUR

Tetap mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari selama berlibur dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat setelah berlibur.

Liburan merupakan waktu untuk bersantai, berkumpul dengan keluarga, bersenang-senang, dan mencoba hal baru. Satu hal yang tidak pernah lepas dari liburan adalah kuliner. Mencoba makanan baru atau makanan khas suatu daerah seperti kewajiban yang umumnya dilakukan. Hal ini dpaat menyebabkan masalah setelah liburan seperti peningkatan berat badan, kadar gula dalam darah, kadar kolesterol dalam darah, dan tekanan darah.

Bagaimana cara untuk tetap sehat setelah berlibur?

Melakukan pemilihan makanan yang tepat. Usahakan untuk tetap memilih makanan yang mengandung rendah lemak dan kalori.
Memilih ukuran porsi yang kecil sehingga asupan kalori dan lemak yang dikonsumsi dapat tetap dalam rentang yang normal.
Tetap mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari selama sedang berlibur.
Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi protein untuk mengontrol rasa lapar.
Memilih minuman yang mengandung rendah gula dan kalori.
Memilih makanan penutup yang memiliki unsur buah daripada yang penuh dengan coklat.
Memilih makanan yang dibakar atau dipanggang sehingga memiliki kandungan kalori yang rendah tetapi memiliki rasa yang lebih enak.
Pilihlah satu hari khusus untuk mengkonsumsi makanan yang “tidak sehat” dan sisa hari liburan yang lain tetap menjaga asupan makanan yang dikonsumsi.
Tetap mengkonsumsi air putih secukupnya karena berlibur akan menyebabkan tubuh lebih banyak beraktifitas sehingga memerlukan cukup banyak asupan cairan.
Tetap memiliki jadwal makan dan berhenti ketika kenyang. Makan yang berlebihan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut sehingga dapat mengganggu acara berlibut.
Tetap melakukan olahraga minimal 20 menit setiap hari selama berlibur.
Membatasi konsumsi alkohol.
Membatasi konsumsi makanan ringan seperti biskuit, wafer, dan kerupuk karena mengandung tinggi kalori.

Apakah faktor resiko mengkonsumsi makanan tidak sehat?
Mentoleransi tubuh secara belebihan untuk mengkonsumsi makanan tidak sehat selama liburan dapat meningkatkan resiko terjadinya beberapa gangguan tubuh seperti :

Peningkatan berat badan.
Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalori dapat memicu peningkatan berat badan.
 
Peningkatan kolesterol
Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh selama liburan dapat memicu peningkatan kadar kolesterol. peningkatan kadar kolesterol dapat memberikan efek buruk terutama pada penderita diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.
 
Peningkatan tekanan darah
Membatasi asupan garam pada makanan sering tidak dapat dilakukan ketika harus membeli makanan di rumah makan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi garam dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Menurunkan kadar kolesterol, gula darah, tekanan darah, dan berat badan sangat susah untuk dilakukan. Sedangkan menaikkan sangat mudah dilakukan. Ingatlah akan perjuangan Anda untuk tetap berada pada rentang normal agar tubuh tetap sehat setelah berlibur.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

Mayo Clinic. (2015, 18 Desember). PLAN for Healthier Holidays. Diperoleh 15 Juni 2017 dari: http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-blog/plan-healthier-holidays/bgp-20166762
WebMD. (2006, 30 Juni). 10 Ways to Eat Healthy While on Vacation. Diperoleh 15 Juni 2017 dari: http://www.webmd.com/women/features/vacation-eating#3
 WebMD. (2009). 9 Ways to Take Your Diet on Vacation. Diperoleh 15 Juni 2017 dari: http://www.webmd.com/diet/obesity/features/9-ways-to-take-your-diet-on-vacation#4