9k= - .Tips Kesehatan

Setelah Muntah, Makanan Apa Saja yang Boleh Dikonsumsi?

Diposting pada

Apa pun penyebabnya, muntah bisa bikin dehidrasi dan kelaparan karena semua isi perut sudah keluar. Nah setelah muntah, apakah boleh makan seperti biasa lagi atau ada aturan makan khususnya?

Harus makan apa setelah muntah?

Dokter dan para ahli kesehatan menyarankan Anda untuk tidak langsung makan setelah muntah. Tujuannya untuk memberikan perut waktu istirahat sejenak setelah menguras habis segala isinya. Maka, jangan makan atau minum apa pun selama beberapa jam setelahnya.

Di bawah ini hal-hal yang boleh Anda konsumsi setelah muntah.

Air

Minum banyak air dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Ini dapat mencegah dehidrasi, yang menjadi komplikasi paling umum dari muntah.

Cairan yang bisa Anda minum adalah air putih, sup kaldu, jus buah yang diencerkan dengan air, atau teh tawar. Jus buah murni, susu, dan kebanyakan minuman manis lainnya tidak dianjurkan karena gula dapat menyebabkan kram atau diare.

Oralit

Jika muntahnya termasuk parah sampai mengalami dehidrasi, orang dewasa dan anak-anak dapat minum larutan oralit untuk mengembalikan cairan sekaligus menyeimbangkan elektrolit seperti natrium, kalium, dan bikarbonat yang penting untuk tubuh.

Oralit terutama penting bagi anak-anak dan sangat dianjurkan karena komplikasi dehidrasi lebih cepat terjadi pada anak-anak.

American Family Physician merekomendasikan untuk anak minum larutan oralit 10-60 menit setelah muntah. Kecuali untuk bayi yang sedang ASI eksklusif atau pakai susu formula.

Makanan yang lembut

Setelah Anda tidak lagi muntah-muntah dan sudah cukup minum air, Anda sudah dibolehkan untuk makan. Namun, pilih makanan yang bertekstur lunak seperti pisang, nasi tim, atau roti. Makanan-makanan ini juga rendah serat dan bertepung untuk “mengikat” makanan sehingga membuat feses menjadi padat.

Selain nasi, roti, dan pisang, Anda juga boleh makan sup kaldu, kentang rebus, oatmeal, atau biskuit gandum.

Makanan-makanan ini juga sekaligus mengganti nutrisi yang hilang, misalnya pisang yang mengandung kalium dan kentang atau oatmeal yang tinggi karbohidrat.

Ketika kondisi tubuh sudah membaik, Anda bisa secara bertahap kembali ke makanan normal, termasuk buah-buahan dan sayuran.

Makanan dan minuman apa yang harus dihindari setelah muntah?

Jika Anda muntah karena disebabkan makanan tertentu, maka setelah itu sebaiknya Anda hindari makanan tersebut.

Namun umumnya, ada beberapa makanan atau minuman tertentu yang perlu Anda hindari setelah muntah. Berikut ini makanan yang sebaiknya dihindari.

  • Alkohol
  • Kafein (soda, minuman energi, atau kopi)
  • Makanan pedas
  • Makanan tinggi serat
  • Susu dan produk susu
  • Makanan berlemak
  • Gorengan
  • Nikotin (rokok atau produk tembakau lain)
  • Makanan berbumbu rempah
  • Jus buah murni
  • Obat-obatan diare oral yang dijual bebas

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.



Sumber : hellosehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *