Sarapan Sehat Untuk Anak

SARAPAN SEHAT UNTUK ANAK

Sarapan merupakan asupan penting untuk anak-anak agar fungsi otak dapat meningkat. Idealnya, sarapan perlu terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak sehat agar energi dapat terus terjaga hingga makan siang.

Sarapan merupakan asupan penting untuk memulai metabolisme tubuh dan membantu untuk membakar kalori. Sarapan dapat memberikan energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktifitas di sekolah. Sebuah penelitian menyatakan bahwa seorang anak yang mendapatkan sarapan memiliki nilai ujian tertinggi daripada yang tidak mendapatkan sarapan.  

Apakah manfaat sarapan sehat bagi anak?
Sarapan sehat dapat membantu untuk:

Meningkatkan asupan vitamin, mineral dan nutrisi pada anak
Meningkatkan konsentrasi dan kemampuan anak saat sedang belajar disekolah
Meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh ketika melakukan aktifitas fisik
Mengontrol berat badan

Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sarapan anak memiliki banyak nutrisi:

Sarapan dapat dicampur dari beberapa kelompok makanan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, susu rendah lemak dan protein yang sehat.
Hindari mengemas makanan dengan plastic, tetapi masukkan dalam kotak makan
Berikan anak-anak roti bakar dengan selai agar mereka lebih senang dengan sarapannya
Tawarkan pada anak untuk pilihan jenis sarapan yang diinginkan

Makanan apa sajakah yang dapat meningkatkan fungsi otak?
Terdapat 7 makanan yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak:

Telur
Protein dan nutrisi dalam telur dapat membantu lebih mudah berkonsentrasi.
Yogurt 
Lemak sehat yang terdapat dalam yogurt sangat penting untuk otak  untuk membantu mengirimkan dan menerima informasi.
Sayuran hijau 
Sayuran hijau memiliki kandungan folat dan vitamin. Bayam dapat menurunkan resiko terjadinya pikun. Sayuran hijau juga mengandung antioksidan dan beberapa nutrisi lain yang membantu pertumbuhan sel otak.
Ikan laut
Ikan laut merupakan sumber vitamin D dan omega-3 yang melindungi otak dari penurunan daya tangkap dan daya ingat. Salmon, tuna dan sarden mengandung omega-3 yang tinggi. Semakin banyak asupan omega-3 yang diberikan, maka semakin baik fungsi otak.
Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki kandungan protein, asam lemak esensial, vitamin dan mineral dapat menjaga system saraf dan mood.
Oatmeal atau sereal gandum 
Memberikan oatmeal untuk pilihan sarapan merupakan pilihan yang tepat. Oatmeal mengandung protein dan banyak serat yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan otak. Anak-anak yang mengkonsumsi oatmeal dapat meningkatkan ingatan.
Apel dan plum
Berikan camilan yang mengandung antioksidan dan meningkatkan daya tangkap anak seperti plum dan apel.
Kafein
Kafein dapat meningkatkan energy dan membantu meningkatkan konsentrasi. Kafein dapat ditemukan dalam coklat.
Makanan manis
Gula dapat memberikan asupan pada otak. Gula dapat ditemukan dalam makanan manis atau karbohidrat yang dikonsumsi. Memberikan jus dan nasi di pagi hari merupakan salah satu pilihan tepat untuk sarapan anak.

Sumber:

WebMD. (2007, 29 Agustus). The Many Benefits of Breakfast. Diperoleh 09 Juli 2018 dari: https://www.webmd.com/diet/features/many-benefits-breakfast#3
WebMD. (2015, 12 Mei). 7 Brain Foods for Kids. Diperoleh 09 Juli 2018 dari: https://www.webmd.com/add-adhd/childhood-adhd/features/brain-foods-kids#2
WebMD. (2017, 14 November). Brain Foods That Help You Concentrate. Diperoleh 09 Juli 2018 dari: https://www.webmd.com/add-adhd/ss/slideshow-brain-foods-that-help-you-concentrate
WebMD. (2018, 28 Juni). Breakfast: Is It The Most Important Meal. Diperoleh 09 Juli 2018 dari: https://www.webmd.com/food-recipes/most-important-meal#2