Peringatan Hari Radang Sendi Sedunia
Peringatan Hari Radang Sendi Sedunia

Peringatan Hari Radang Sendi Sedunia

Diposting pada

PERINGATAN HARI RADANG SENDI SEDUNIA

Hari Arthritis Sedunia yang jatuh pada tanggal 12 Oktober memang belum popular di kalangan masyarakat. Namun, hari peringatan ini dibuat untuk mengingatkan kita bahwa terdapat jutaan orang didunia menderita peradangan sendi yang menimbulkan nyeri dan bengkak. Sehingga membuat kita ingat bahwa harus waspada dan melakukan upaya pencegahan.

Arthritis atau peradangan sendi sering dikaitkan dengan faktor penuaan dan banyak penyebab lain menurut mitos dikalangan masyarakat. Terdapat lebih dari 100 jenis arthritis sehingga tidak mengherankan banyak informasi yang kurang dimengerti atau tidak memiliki landasan yang tepat.

Berikut beberapa mitos dan penjelasn fakta tentang arthritis:
Arthritis terjadi karena faktor usia
Fakta: Arthritis bukan merupakan tanda penuaan dan tidak hanya orang lanjut usia yang dapat mengalami arthritis. Terdapat banyak orang dengan usia dibawah 65 tahun mengalami arthritis. Namun, tidak juga dipungkiri arthritis dapat terjadi karena pertambahan usia yang disebabkan oleh menurunnya pelumas sendi. Bertambah tua tidak dapat dicegah, namun menurunkan faktor resiko dapat dilakukan.

Osteoarthritis tidak dapat dicegah
Fakta: Osteoarthritis dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup seperti aktif berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat. Pola hidup sehat dapat menurunkan faktor resiko terjadinya osteoarthritis seperti obesitas.

Menurunkan berat badan dapat menurunkan resiko osteoarthritis
Fakta: Sedikit penurunan berat badan dapat memberikan perbedaan untuk osteoarthritis. Jika seseorang mengalami kelebihan berat badan dan mengalami penurunan sebesar 10% dari beratnya, maka kondisi tersebut dapat meredakan nyeri osteoarthritis sebanyak 50%. Hal ini dikarenakan setiap penurunan berat badan dapat mengurangi tekanan pada lutut.

Menderita osteoarthritis maka tidak dapat berolahraga
Fakta: Aktifitas fisik seperti berolahraga dapat membantu meringankan rasa sakit, membuat tubuh tetap lentur, memperkuat persendian dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Olahraga yang dilakukan bisa seperti berenang, berjalan dan senam tai chi.

Otot yang kuat dapat mencegah osteoarthritis
Fakta: Meningkatkan kekuatan otot disekitar sendi maka dapat melindungi dan menstabilkan sendi.

Membunyikan sendi dapat menyebabkan arthritis
Fakta: Menekuk sendi hingga berbunyi pada jari-jari tidak akan menyakiti sendi dan menyebabkan peradangan. Suara tersebut terbentuk karena pelepasan gas yang terbentuk di area sekitar sendi.

Wanita memiliki resiko osteoarthritis daripada pria
Fakta: Wanita memiliki resiko dua kali lebih besar mengalami osteoarthritis daripada laki-laki. Wanita juga memiliki kemungkinan lebih besar mengalami kerusakan sendi lebih cepat. Hal ini kemungkinan disebabkan karena pengaruh hormon dan faktor keturunan.

Osteoarthritis bukan penyakit serius
Fakta: Osteoarthritis bukan merupakan penyakit langka dan sering disepelekan karena hanya seperti pegal dan linu. Namun, bila tidak ada tindakan untuk osteoarthritis maka akan menyebabkan kerusakan permanen pada persendian. Hal ini dapat mempengaruhi aktifitas sehari-hari karena pasti akan terbatas.

Arthritis dapat dicegah namun bukan berarti bisa disepelekan. Melakukan hidup sehat adalah langkah tepat dan tidak ada kata terlambat untuk memulainya.

Sumber:

Days Of The Year. World Arthritis Day. Diperoleh 11 Oktober 2018 dari: https://www.daysoftheyear.com/days/world-arthritis-day/
WebMD. (2017, 14 Desember). Myths and Facts About Osteoarthritis. Diperoleh 11 Oktober 2018 dari: https://www.webmd.com/osteoarthritis/oa-facts-fiction#2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *