Nyemil Tetapi Tetap Sehat?

NYEMIL TETAPI TETAP SEHAT?

Mengganti cokelat, pizza, biskuit, dan wafer dengan buah-buahan dan sayuran merupakan cara untuk menjaga agar kegiatan nyemil tetap sehat.

Nyemil itu bagaikan ‘penyakit’ yang sering dialami oleh banyak orang. Sering kali seseorang merasa kenyang namun masih ingin untuk makan banyak hal seperti es krim, coklat atau biskuit. Camilan yang mengandung tinggi karbohidrat dan lemak dapat memberikan dampak buruk seperti obesitas dan meningkatkan resiko terjadinya penyakit kronis.

Fakta tentang nyemil
Sebelum membahas tentang cara menghentikan keinginan untuk nyemil atau food craving maka perlu mengetahui fakta yang terjadi pada tubuh tentang munculnya keinginan tersebut. Berikut beberapa fakta tentang keinginan nyemil :

Keinginan nyemil berasal dari pikiran
Mungkin pernah mengenal istilah “lapar mata”? Berdasarkan penelitian, keinginan untuk nyemil berasal dari pikiran seseorang itu sendiri. Ada bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk fungsi memori dan keinginan yang mendorong seseorang untuk mengidam atau nyemil.
 
Keinginan nyemil untuk memenuhi kebutuhan emosional
Keinginan nyemil sering dihubungkan dengan masalah emosi dan tingkat stress. Karbohidrat diketahui dapat memberikan efek menangkan pada tubuh karena dapat meningkatkan hormon serotonin. Pada penelitian terbaru menyampaikan bahwa kombinasi lemak dan gula juga dapat memberikan efek menenangkan.

Nyemil dapat dilakukan untuk mengganjal perut ditengah jam jadwal makan untuk membantu mengelola rasa lapar dan mengurangi porsi makan. Memilih camilan yang menyehatkan dapat mencukupi rasa lapar dan menjaga jumlah kalori agar tetap rendah.

Tips efektif untuk mengontrol keinginan nyemil
Keinginan nyemil umumnya seseorang menginginkan camilan seperti coklat, pizza, kue kering, dan es krim. Dimana semuanya rata-rata memiliki kandungan tinggi gula, lemak, dan karbohidrat. Camilan yang seperti itu dapat meningkatkan berat badan. Lalu bagaimana cara mengelola camilan agar berat badan tetap dapat terkontrol? Berikut tips yang dapat dilakukan :

Mengkonsumsi porsi kecil
Anda dapat mengkonsumsi camilan seperti cokelat atau pizza. Namun, harus dapat membatasi porsi seperti hanya setengah potong pizza atau ¼ batang coklat.
Mengkonsumsi makanan sehat lebih dahulu
Akan lebih mudah untuk mengkonsumsi coklat dalam porsi kecil ketika sudah mengkonsumsi buah atau sayuran sebelumnya.
Jangan menimbun makanan ringan dirumah
Belilah makanan ringan hanya ketika menginginkan atau berencana untuk makan.
Mengubah cara pikir
Ketika memiliki keinginan untuk nyemil, Anda dapat melakukan kegiatan favorit lainnya atau berolahraga untuk mengalihkan keinginan untuk nyemil.
Mengalihkan perhatian
Keinginan untuk nyemil umumnya bertahan hingga sekitar 20 menit. Anda dapat mengalihkan dengan berjalan-jalan atau berbicara dengan teman.
Mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet yang tanpa gula dapat mengurangi rasa lapar dan keinginan untuk mengkonsumsi makanan ringan yang memiliki rasa asin atau manis.
Memiliki cukup tidur dan berolahraga
Memiliki cukup tidur dan berolahraga dapat membantu menurunkan kadar hormon yang dapat merangsang nafsu makan. Kurang tidur dapat meningkatkan keinginan nyemil dan makan berlebihan.
Mengganti makanan ringan dengan makanan yang menyehatkan
Mengkonsumsi makanan yang rendah lemak dan karbohidrat seperti yogurt, buah-buahan dan sayuran.

Komposisi makanan ringan yang sehat
Nyemil ditengah makan dapat dilakukan tetapi dengan makanan ringan. Makanan ringan dapat membantu mengisi perut, namun sebaiknya mengandung total kalori yang rendah. Buah-buahan dan sayuran dapat digunakan untuk menjadi makanan ringan ditengah jadwal makan. Berikut kandungan makanan ringan yang sehat meliputi :

Rendah kalori
Sebagian besar buah dan sayuran mengandung rendah kalori sehingga dalam porsi besar pun kalori yang masuk kedalam tubuh tetap rendah.
Mengandung banyak air
Sebagian besar buah dan sayuran mengandung banyak air.
Mengandung tinggi serat
Serat adalah kandungan pada tanaman yang tidak dapat terserap dan melewati sistem pencernaan secara perlahan. Serat dapat mengisi perut dan memberikan rasa kenyang lebih lama.
Mengandung tinggi nutrisi
Buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin, mineral, dan bahan kimia tanaman yang bermanfaat lainnya.
Mengandung rendah lemak

Pada umumnya makanan yang mengandung tinggi lemak dan kalori, biasanya mengandung rendah kadar air dan serat. sebagian besar buah dan sayuran memiliki kandungan rendah lemak.

Simpan makanan yang sehat di dalam kulkas dan Anda akan mengkonsumsi makanan yang sehat. Membiasakan untuk tidak menimbun makanan ringan dapat mengurangi frekuensi nyemil yang tidak sehat. Ganti makanan ringan dengan buah dan sayuran.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

Mayo Clinic. (2015, 28 Maret). Weight Loss. Diperoleh 21 Maret 2017 dari :  http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/healthy-diet/art-20046267?pg=1
The Mayo Clinic Diet. Beat Your Cravings : 8 Effective Techniques. Diperoleh 21 Maret 2017 dari : http://diet.mayoclinic.org/diet/eat/beat-your-cravings?xid=nl_MayoClinicDiet_20150202
WebMD. The Fact About Food Cravings. Diperoleh 21 Maret 2017 dari : http://www.webmd.com/diet/features/the-facts-about-food-cravings#1