Manfaat Nutrisi Pada Jagung

MANFAAT NUTRISI PADA JAGUNG

Makanan sederhana ternyata tidak selalu benar-benar sederhana karena ternyata sangat kaya nutrisi. Salah satunya adalah jagung. Kandungan nutrisi yang tinggi dan senyawa bioaktif pada jagung memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Jagung atau dalam bahasa latin adalah Zea mays merupakan makanan atau bahan pangan yang dikenal oleh semua kalangan. Harganya yang tergolong murah dan rasa yang enak membuat jagung diolah menjadi bermacam-macam jenis makanan seperti popcorn, sereal, bubur, tepung hingga camilan. Bukan hanya rasanya yang enak tetapi jagung juga merupakan sumber serat dan mengandung tinggi vitamin, mineral dan antioksidan. 

Fakta Nutrisi pada Jagung
Jagung memiliki kandungan air yang tinggi, selain itu juga mengandung karbohidrat, protein dan lemak. Berikut secara rinci nutrisi yang terkandung dalam 100 gram jagung yang direbus:

96 Kalori
73% Air
3,4g Protein
21g Karbohidrat
4,5g Gula
2,4g Serat
1,5g Lemak
0,2g Lemak jenuh
0,37g Lemak tak jenuh tunggal
0,6g Lemak tak jenuh jamak
0,02g Omega-3
0,59g Omega-6

Karbohidrat
Pati merupakan jenis karbohidrat utama pada jagung yang membentuk 28-80% berat keringnya. Jagung manis merupakan jenis jagung yang memiliki kandungan pati rendah yaitu hanya 28% dengan kadar gula jenis sukrosa yang mencapai 18%. Walaupun kandungan kadar gula pada jagung manis tinggi, namun indeks glikemiknya rendah hingga sedang. Indeks glikemik merupakan ukuran seberapa cepat karbohidrat dicerna. Makanan yang masuk dalam rentang indeks glikemik tinggi akan menyebabkan terjadinya peningkatan gula darah yang tidak sehat.
Serat
Jagung mengandung serat yang tinggi. Dalam 112g popcorn dapat mengandung 16g serat. Jumlah tersebut sudah memenuhi 42% kebutuhan harian pada pria dan 64% pada wanita. Kandungan serat dari jagung bergantung pada jenisnya, tetapi pada umumnya sekitar 9-15%.
Vitamin dan Mineral
Jagung mengandung vitamin dan mineral yang jumlahnya bervariasi tergantung pada jenisnya. Secara umum, jagung manis mengandung lebih banyak vitamin dan popcorn mengandung lebih banyak mineral.

Popcorn memiliki kandungan mineral seperti mangan, fosfor, magnesium, zink, dan tembaga
Jagung manis memiliki kandungan vitamin seperti asam pantoneat, folat, vitamin B6, vitamin B3, dan kalium

Kandungan Senyawa Bioaktif
Selain nutrisi yang tinggi, jagung juga mengandung senyawa bioaktif yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Jagung juga mengandung jumlah antioksidan yang lebih tinggi daripada biji-bijian lainnya.

Asam ferulat
Anthocyanin
Zeaxanthin
Lutein
Asam phytic

Apakah Manfaat Kandungan Jagung pada Tubuh?
Mengkonsumsi jagung dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan seperti:

Kesehatan Mata
Kandungan antioksidan pada jagung seperti zeaxanthin dan lutein memiliki manfaat yang besar untuk menjaga kesehatan mata. Lutein dan zexanthin merupakan karotenoid utama pada jagung. Pada mata manusia, lutein dan zexanthin ditemukan di retina yang berfungsi untuk melindungi mata dari kerusakan akibat cahaya biru. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan tinggi karotenoid dapat menurunkan resiko penyakit katarak.
Mencegah masalah pencernaan
Penyakit diverticular atau terbentuknya kantong-kantong pada usus besar yang dapat menimbulkan gejala seperti kram, perut kembung, bahkan pendarahan dan infeksi. Konsumsi makanan tinggi serat dapat mencegah terjadinya penyakit diverticular.
Meningkatan kekebalan tubuh
Karotenoid merupakan antioksidan yang paling tinggi pada jagung berfungsi meningkatkan system kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata dan kulit.

Sumber:

Dr. Axe. (2015, 01 September). Is Corn Healthy?Surprising facts About the Nutritional Value of Corn. Diperoleh 05 Oktober 2018 dari: https://draxe.com/nutritional-value-of-corn/
Healthline. (2015, 04 Februari). Corn 101: Nutrition Facts and Health Benefits. Diperoleh 05 Oktober 2018 dari: https://www.healthline.com/nutrition/foods/corn