Manfaat Bayam Bagi Kesehatan
Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

Diposting pada

MANFAAT BAYAM BAGI KESEHATAN

Sumber vitamin K dan mineral pada bayam dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu bayam juga bermanfaat bagi kesehatan mata. Apakah kandungan dalam bayam?

Popeye mengajarkan mengkonsumsi bayam agar menjadi kuat dan memiliki otot. Namun, bayam memiliki manfaat lebih dari itu. Sayuran hijau memiliki beberapa fungsi seperti mencegah osteoporosis, penyakit jantung, arthritis dan beberapa jenis kanker.

Kandungan Nutrisi Bayam
Bayam memiliki kandungan 91,4% air, 3,6% karbohidrat dan 2,9% protein. Berikut kandungan nutrisi dalam 100 gram bayam:

23 Kalori
2,9 gram Protein
3,6 gram Karbohidrat
0,4 gram Gula
2,2 gram Serat
0,4 gram Lemak
0,14 gram Omega-3
0,03 gram Omega-6

Kandungan vitamin dan mineral pada bayam adalah vitamin A, C, K, B6, B9, E, asam folat, zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium. Selain itu, bayam juga memiliki kandungan senyawa tumbuhan penting:

Lutein. Lutein dapat membantu memperbaiki kesehatan mata
Kaempferol. Antioksidan ini dapat menurunkan resiko terjadinya kanker dan penyakit kronis
Nitrat. Bayam memiliki kandungan nitrat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung
Quercetin. Bayam merupakan sumber terkuat dari quercetin. Antioksidan ini dapat mengatasi infeksi dan peradangan.
Zeaxanthin. Kandungan ini dapat meningkatkan kesehatan mata

Manfaat Bayam untuk Kesehatan
Bayam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat bayam bagi kesehatan:
Menjaga Kesehatan Mata
Bayam memiliki kandungan zeaxanthin dan lutein yang merupakan pemberi warna pada sayuran. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa zeaxanthin dan lutein bekerja untuk mencegah degenerasi macula dan katarak, yang merupakan penyebab utama terjadinya kebutaan.  Kedua senyawa tersebut juga dapat membantu mengatasi kerusakan pada mata.

Mencegah Kanker
Bayam memiliki kandungan antioksida yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa senyawa dalam bayam dapat memperlambat pertumbuhan tumor di leher rahim manusia dan juga mengurangi ukuran tumor. Beberapa penelitian lain menyebutkan bahwa konsumsi bayam dapat mengurangi resiko mengalami kanker prostat. Mengkonsumsi sayuran hijau juga dapat membantu mencegah kanker payudara.

Menjaga Kestabilan Tekanan Darah
Bayam memiliki beberapa kandungan yang dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah, seperti nitrat, kalium, dan folat. Kandungan folat pada bayam dapat berkontribusi menurunkan tekanan darah, merilekskan pembuluh darah dan menjaga kestabilan aliran darah.

Memperkuat Otot
Antioksidan pada bayam Faktor C0-Q10 memiliki peran penting dalam memperkuat otot, terutama otot jantung. Senyawa ini juga berguna untuk mencegah dan mengobati gangguan kardiovaskular.

Menjaga Kesehatan Tulang
Bayam merupakan sumber vitamin K yang baik dan berfungsi mempertahankan kalsium dalam tulang. Selain itu mineral lain dalam bayam dapat mencegah seseorang mengalami osteoporosis, menjaga kesehatan gigi dan kuku.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Jumlah tinggi protein dalam bayam dapat dipecah oleh enzim menjadi asam amino yang penting bagi manusia. Protein ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk menyembuhkan luka dan mendorong semua organ berfungsi pada tingkat optimalnya.

Sumber:

Healthline. (2015, 03 Oktober). Spinach 101: Nutrition Facts and Health Benefits. Diperoleh 11 Februari 2019 dari: https://www.healthline.com/nutrition/foods/spinach
Organic Facts. (2019, 03 Januari). 15 Impressive Benefits of Spinach. Diperoleh 11 Februari 2019 dari: https://www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/health-benefits-of-spinach.html 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *