Lingkar Hitam Mata Mengapa Bisa Muncul?

LINGKAR HITAM MATA MENGAPA BISA MUNCUL?

Lingkar hitam mata sering kali mengganggu penampilan karena dapat memberikan kesan lelah pada wajah. Walaupun dapat disamarkan dengan penggunaan concealer mata, pada sebagian besar wanita ingin menghilangkannya. Sebelum tahap menghilangkan, perlu diketahui juga penyebab munculnya lingkar hitam pada mata.

Lingkar hitam pada mata umumnya disebabkan oleh kurangnya tidur pada malam hari atau kelelahan. Umumnya lingkar hitam pada mata berada pada area kelopak mata atau cekungan dibagian bawah mata yang dapat berkembang menjadi gejala normal terjadinya penuaan. Beberapa kondisi yang umumnya dapat menyebabkan lingkar hitam pada mata:

Alergi
Gangguan pada kulit
Kelelahan
Faktor keturunan
Kelainan pigmen pada kulit
Akibat menggaruk atau menggosok mata
Paparan sinar matahari yang dapat mendorong tubuh untuk menghasilkan melanin lebih banyak. Melanin merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit.
Tanda-tanda penuaan. Penipisan kulit dan berkurangnya kolagen dapat menyebabkan pembuluh darah berwarna biru kemerahan dibawah mata lebih jelas.

Bagaimana cara mengatasi lingkar hitam pada mata?

Menggunakan cream
Beberapa bahan aktif pada cream yang terdapat dipasaran dapat membantu mengurangi atau menyamarkan lingkar hitam pada mata, seperti kafein, retinol, vitamin C dan E.
Kompres menggunakan kantung teh
Gunakan kantong the basah yang sudah digunakan untuk membantu mengurangi lingkar hitam pada mata. Letakkan kantong the basa pada lemari pendingin atau kulkas, biarkan hingga dingin. Lalu berbaringlah dan tutup mata, lalu letakkan kantong the pada kelopak mata selama beberapa menit.
Pemeriksaan alergi
Kebiasaan sering menggosok mata karena gatal atau gejala alergi lainnya, maka bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh alergi. Berkonsultasilah dengan dokter agar bisa mendapatkan terapi pengobatan yang tepat.
Kompres dingin
Melebarnya pembuluh darah pada bagian bawah mata dapat memicu timbulnya lingkaran hitam pada bagian bawah mata. Kompreslah dengan sendok yang dingin atau sekantong kecil kacang polong beku yang d bungkus kain lembut dan letakkan pada kelopak mata selama beberapa menit untuk membuat pembuluga darah menyempit.
Gunakan bantal lebih tinggi
Tambahkan bantal saat tidur, agar kepala mendapat posisi yang lebih tinggi untuk mencegah pembengkakan.
Istirahat cukup
Kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan wajah menjadi lebih pucat sehingga bayangan dan lingkaran hitam menjadi lebih terlihat.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

Mayo Clinic. (2018, 11 Januari). Dark Circle Under Eyes. Diperoleh 09 Agustus 2018 dari: https://www.mayoclinic.org/symptoms/dark-circles-under-eyes/basics/when-to-see-doctor/sym-20050624
WebMD. (2013, 19 September). 5 Solutions for Dark Circles. Diperoleh 09 Agustus 2018 dari: https://www.webmd.com/beauty/features/dark-circles