Kulit Kering

KULIT KERING

Kulit kering umumnya disebabkan karena berada ditempat yang dingin. Kondisi lingkungan tersebut meningkatkan resiko kulit kehilangan banyak air dan menyebabkan kulit kering.

Kulit kering umumnya bukan penyakit yang serius tetapi dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Umumnya kulit kering disebabkan karena faktor lingkungan yang dapat dikontrol. Faktor-faktor yang dimaksud adalah cuaca panas atau dingin, kelembapan yang rendah, dan berendam dalam air panas.

Tanda dan gejala kulit kering
Kulit kering umumnya bersifat sementara yang dialami ketika musim dingin atau berada ditempat yang dingin, namun terkadang kondisi ini dapat terjadi dalam waktu yang lama. Tanda dan gejala kulit kring bergantung pada usia, kesehatan, tempat tinggal, waktu yang dihabiskan ketika diluar rumah dan penyebab masalah. Kulit kering cenderung dapat menyebabkan satu atau beberapa hal seperti :

Kulit terasa kesat terutama setelah mandi
Kulit terasa dan terlihat kasar
Mengalami gatal
Mengalami sedikit pengelupasan atau penipisan
Terdapat garis halus atau retak
Terdapat kulit berwarna abu-abu
Terjadi kemerahan
Terdapat keretakan yang berdarah

Apakah penyebab kulit kering?
Kulit kering atau xerosis umumnya disebabkan oelh lingkungan, namun terdapat penyakit tertentu yang juga dapat mempengaruhi kuliy secara signifikan. Potensi penyebab kulit kering adalah :

Cuaca. Kulit cenderung menjadi kering ketika musim dingin (saat suhu dan tingkat kelembapan menjadi rendah).
Panas. Panas yang didapat saat berada didekat tungku pembakaran kayu, pemanas ruangan, kompor saat memasak dapat mengurangi kelembapan pada kulit dan membuat kulit menjadi kering.
Mandi air hangat. Mandi menggunakan air hangat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Sering berenang pada air yang mengandung klorin dapat menyebabkan kulit menjadi kering.
Sabun dan deterjen yang keras. Banyak sabun, deterjen, dan shampo memiliki efek menurunkan kelembapan pada kulit karena memiliki fungsi untuk menghilangkan minyak.
Memiliki kondisi kulit lainnya. Orang dengan kondisi kulit seperti eksim rentan terhadap kulit kering.

Penanganan kulit kering
Pada umumnya kulit kering dapat diatasi dengan gaya hidup yang baik, seperti menggunakan pelembab dan menghindari mandi air hangat dalam waktu yang lama. Jika kondisi kulit sangat kering dan bersisik, direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan obat yang membantu meningkatkan kelembapan kulit.

Penggunaan pelembab untuk kulit kering dapat membantu meningkatkan kelembapan. Berikut beberapa jenis pelembab yang dapat digunakan :

Ceramides. Ceramids dapat membantu kulit menahan air dan mengatasi kulit kering. Pemberian ceramids dapat membantu menjaga kelembapan dari luar.
Dimethicone dan glycerin dapat membantu menahan air pada kulit dan menyimpannya.
Hyaluronic acid dapat membantu kulit menahan air
Lanolin, mineral oil, dan petroleum jelly dapat membantu kulit untuk menyerap air ketika mandi.

Terdapat beberapa pola hidup yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit kering, seperti :

Menggunakan baju yang berbahan katun dan serat alami.
Mengkonsumsi banyak cairan
Mengkonsumsi makanan yang mengandung omega -3. Asam lemak dapat membantu mempertahankan minyak pada kulit.
Jika terjadi peradangan, dapat menggunakan kompres dingin atau krim hidrokortison.

Berkonsultasilah dengan dokter jika upaya-upaya yang dihasilkan tidak membuahkan hasil atau memperparah kondisi kulit.

Kulit yang cantik adalah kulit yang sehat.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

Mayo Clinic. (2016, 27 Oktober). Dry Skin. Diperoleh 27 April 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/diagnosis-treatment/treatment/txc-20248908
WebMD. (2016, 11 Juni). Fighting Back Against Dry Skin. Diperoleh 27 April 2017 dari : http://www.webmd.com/beauty/dry-skin-13/cosmetic-procedures-skin-care-dry-skin