Kesehatan Mental

KESEHATAN MENTAL

Mengapa menjaga kesehatan mental penting untuk dilakukan? Ternyata beberapa aspek penting dipengaruhi oleh kondisi kesehatan mental sehingga menjaga agar tetap normal perlu dilakukan.

Kesehatan mental mencakup beberapa hal seperti kenyamanan emosional, psikologi dan hubungan sosial. Ketiga aspek tersebut dapat mempengaruhi cara seseorang berpikir, merasakan dan bertindak. Selain itu juga mempengaruhi cara mengatasi stress, menjalani hubungan dengan orang lain dan membuat keputusan. Kesehatan mental merupakan hal yang penting mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.
Merupakan hal yang sulit untuk membedakan kesehatan mental normal dengan penyakit mental karena tidak ada tes yang mudah untuk menunjukkan ada yang salah. Gangguan kesehatan mental tidak seperti gangguan pada fisik yang dapat langsung diobati berdasarkan tanda dan gejala, tetapi berdasarkan seberapa besar kondisi mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa hal yang dapat terpengaruh:

Tingkah laku. Perubahan tingkah laku dapat terjadi seperti konsumsi telalu banyak alcohol.
Perasaan. Terkadang kondisi kesehatan mental yang terganggu ditandai dengan timbulnya kesedihan yang mendalam atau berkelanjutan.
Cara pikir

Kapan Seseorang Butuh Terapi?
Setiap kondisi kesehatan mental memiliki tanda dan gejala sendiri. Namun, secara umum bantuan professional mungkin dibutuhkan jika seseorang mengalami:

Perubahan kepribadian, pola makan atau tidur
Ketidakmampuan untuk mengatasi masalah atau kegiatan sehari-hari
Mengalami kecemasan yang berlebihan
Mengalami depresi atau apatis yang berkepanjangan
Berpikir atau berbicara tentang bunuh diri
Penyalahgunaan obat-obatan
Mengalami perubahan suasana hati yang ekstrim atau kemarahan yang berlebihan atau bahkan melakukan perilaku kekerasan

Umunya seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental akan menganggap tanda dan gejala yang dialami adalah normal. Selain itu, mereka juga akan merasa malu atau takut saat harus melakukan perawatan.

Bagaimana Mencegah Gangguan Kesehatan Mental?
Stress adalah penyebab yang sering dikaitkan pada seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi stress:

Melakukan Aktifitas Fisik Secara Rutin
Semua bentuk aktifitas fisik dapat berguna sebagai penghilang stress. Aktifitas fisik dapat memompa endorphin dan zat kimia alami lainnya yang dapat meningkatkan rasa nyaman. Olahraga juga dapat membuat membuat seseorang berfokus pada gerakan, meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaaan buruk.
Mengkonsumsi Makanan Sehat
Mengkonsumsi makanan sehat merupakan bagian penting dari menjaga diri sendiri. Beberapa jenis makanan yang baik bagi tubuh seperti buah, sayuran dan biji-bijian.
Hindari Kebiasaan yang Tidak Sehat
Beberapa orang mengatasi stress dengan mengkonsumsi terlalu banyak kafein, alkohol, merokok, atau obat-obatan terlarang. Hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan.
Meditasi
Saat melakukan meditasi, maka seseorang akan memusatkan perhatian dan menenangkan pikiran yang mungkin dapat menyebabkan stress. Meditasi dapat memberikan rasa tenang dan damai yang bermanfaat bagi kesejahteraan emosional.
Tertawa
Tertawa tidak hanya meringankan beban mental tetapi juga menyebabkan perubahan fisik secara positef pada tubuh.
Memiliki Orang Terdekat
Ketika seseorang merasa stress maka biasanya akan menutup diri. Namun, sebaiknya menemui teman atau orang terdekat untuk meredakan stress.
Melakukan Yoga
Yoga merupakan kegiatan penghilang stress yang populer. Gerakan yoga menyatukan fisik dan mental yang dapat membantu seseorang mendapatkan kedamaian.
Memiliki Tidur yang Cukup
Stress akan menyebabkan seseorang sulit untuk tidur. Namun, tidur adalah waktu ketika otak dan tubuh beristirahat. Kualitas dan jumlah tidur dapat mempengaruhi suasana hati, energi, konsentrasi dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Miliki tidur yang berkualitas dengan merilekskan diri sebelum jadwal tidur, mendengarkan musik yang menenangkan dan membuat suasana kamar menjadi nyaman seperti dengan aromaterapi.

Berkonsultasilah dengan profesional ketika merasa mengalami perubahan pada kepribadian atau kebiasaan sehari-hari untuk mendapatkan terapi yang tepat dalam mengatasi penyebab stress dan gangguan kesehatan mental.

Sumber:

Mayo Clinic. (2016, 24 Juni). Mental Health: What’s Normal, What’s Not. Diperoleh 29 Januari 2019 dari: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/mental-health/art-20044098
Mayo Clinic. (2016, 21 April). Stress Relievers: Tips To Tame Stress. Diperoleh 29 Januari 2019 dari: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/stress-relievers/art-20047257
Mental Health. (2017, 29 Agustus). What Is Mental Health. Diperoleh  29 Januari 2019 dari: https://www.mentalhealth.gov/basics/what-is-mental-health