Kenali Masalah Kesehatan Lewat Kuku
Kenali Masalah Kesehatan Lewat Kuku

Kenali Masalah Kesehatan Lewat Kuku

Diposting pada

KENALI MASALAH KESEHATAN LEWAT KUKU

Tahukah Anda kuku yang berwarna pucat dapat menjadi tanda penyakit serius seperti anemia, gagal jantung, gangguan pada hati, dan kekurangan gizi.

Tahukah Anda kuku dapat digunakan sebagai petunjuk masalah kesehatan secara keseluruhan? Warna putih, kemerahan, gelombang, atau benjolan pada kuku bisa menjadi pertanda penyakit pada tubuh. Tanda gangguan pada hati, paru-paru, dan jantung bisa muncul pada kuku.

Berikut beberapa tanda yang terjadi:

Kuku berwarna pucat
Kuku yang berwarna pucat dapat menjadi tanda penyakit  serius seperti anemia, gagal jantung, gangguan pada hati, dan kekurangan gizi.

 
Kuku berwarna putih
Jika kuku sebagian besar berwarna putih dan ada bagian yang berwarna lebih gelap kemungkinan disebabkan oleh gangguan pada hati seperti hepatitis. Tanda lain dari terjadinya gangguan hati adalah jari berwarna kuning.

 
Kuku berwarna kuning
Salah satu penyebab kuku berwarna kuning yang paling umum adalah karena infeksi jamur. Saat infeksi jamur memburuk, kuku dapat lepas dari tempatnya dan kuku akan menjadi lebih tebal dan rapuh. Dalam kasus lain yang jarang terjadi, kuku kuning dapat menunjukkan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid berat, penyakit paru-paru, diabetes, atau penyakit kulit (psoriasis). Kuku yang berubah menjadi warna kuning dapat disebabkan karena terlalu sering menggunakan perwarna kuku dan merokok.

 
Kuku berwarna kebiruan
Kuku yang berwarna kebiruan dapat menunjukkan bahwa tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Hal ini dapat mengindikasikan terjadinya gangguan paru-paru dan beberapa gangguan jantung.
 
Kuku berstruktur seperti dadu
Jika permukaan kuku memiliki struktur seperti beriak atau seperti permukaan dadu kemungkinan merupakan tanda awal psoriasis atau radang sendi. Perubahan warna kuku dapat terjadi, biasanya bagian bawah kuku nampak coklat atau kemerahan.

 
Kuku kering dan rapuh
Kuku yang kering dan rapuh sehingga sering retak atau pecah dapat menunjukkan terjadinya penyakit tiroid. Kuku yang pecah dan memiliki warna  kekuningan kemungkinan disebabkan adanya infeksi jamur.

 
Pembengkakan pada sekitar kuku
Jika disekitar kuku mengalami kemerahan dan timbul bengkak dikenal sebagai peradangan pada lipatan kuku. hal ini kemungkinan disebabkan oleh lupus atau infeksi.

 
Terdapat garis hitam pada kuku
Garis hitam pada kuku tanpa penyebab yang jelas memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Kemungkinan penyebab munculnya garis hitam secara tiba-tiba dikarenakan melanoma (salah satu jenis kanker kulit).

Perubahan bentuk dan warna pada kuku dapat menunjukkan terjaidnya gangguan pada tubuh namun, bukan berarti menjadi penanda pertama. Namun, tidak semua perubahan pada kuku menunjukkan kondisi yang berbahaya. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut dan berkonsultasilah dengan dokter.

Melakukan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan dengan tenaga medis atas perubahan yang terjadi pada tubuh dapat menekan biaya pengobatan dan mempercepat penanganan.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

Health. (2015, 16 November). 10 Things Your Nails Can Tell You About Your Health. Diperoleh 08 Agustus 2017 dari: http://www.health.com/beauty/nail-health
WebMD. (2016, 18 April). What Your Nails Say About Your Health. Diperoleh 08 Agustus 2017 dari: http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-nails-and-health

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *