Kandungan Kedelai Kaya Manfaat Bagi Tubuh

KANDUNGAN KEDELAI KAYA MANFAAT BAGI TUBUH

Kedelai dapat bermanfaat untuk pembuatan makanan yang umum dikonsumsi setiap hari seperti tempe, tahu, susu kedelai dan masih banyak lagi. kedelai memiliki kandungan protein yang tinggi.

Kedelai merupakan kacang yang berasal dari Asia Timur dan dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan. Kacang kedelai dapat dikonsumsi secara langsung, yang lebih dikenal dengan sebutan edamame. Kedelai perlu dimasak sebelum dikonsumsi karena beracun saat mentah. Kedelai digunakan dalam pembuatan tahu, dan susu kedelai. Kedelai sering kali dimanfaatkan sebagai pengganti susu dan daging. Kedelai juga digunakan pada makanan yang melalui proses fermentasi seperti tempe.

Apakah kandungan nutrisi dalam kedelai?
Kedelai utuh mengandung berbagai nutrisi penting. Dalam 100 gram kedelai utuh mengandung mangan, selenium, tembaga, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, vitamin B6, folat, riboflavin (vitamin B2), thiamin (vitamin B1), dan vitamin K. Selain itu kedelai juga mengandung :

173 kalori
9 gram lemak
10 gram karbohidrat (6 gram diantaranya adalag serat)
17 gram protein

Kedelai merupakan sumber protein yang bagus dibandingkan dengan kandungan protein pada tumbuhan yang lain, walaupun tidak sebagus daging atau telur. Mengolah kedelai pada suhu tinggi dapat menyebabkan beberapa protein rusak.

Apakah manfaat kedelai pada tubuh?
Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
Menurut penelitian, kedelai memiliki efek yang baik dalam penurunan kolesterol karena protein kedelai dapat mengurangi kolesterol total dan LDL. Namun belum ada penelitian yang menunjukkan kedelai dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Menurunkan resiko terjadinya kanker payudara
Menurut penelitian, mengkonsumsi makanan yang mengandung kedelai tinggi dapat menurunkan resiko terjadinya kanker payudara. Selain itu juga ditemukan bahwa mengkonsumsi kedelai sebelum masa menopause, seseorang juga tetap mendapatkan perlindungan dari kanker payudara walaupun sudah tidak atau jarang mengkonsumsi kedelai.

Menurunkan kadar gula dalam darah
Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung kedelai dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes mellitus.

Mencegah komplikasi ginjal pada penderita diabetes mellitus
Kandungan isoflavon pada kedelai dapat membantu mencegah atau mengobati penyakit ginjal pada penderita diabetes mellitus.

Mengurangi durasi terjadinya diare
Susu formula yang mengandung kedelai dapat membantu mengurangi durasi diare disbandingkan dengan susu sapi. Namun terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi susu kedelai pada orang dewasa tidak dapat menurunkan resiko diare.

Mengurangi sensasi panas pada gejala menopause

Mengkonsumsi protein kedelai dapat membantu mengatasi sensasi panas yang disebabkan oleh menopause. Namun, tidak mengurangi gejala menopause lainnya, seperti menurunnya kelembaban dan gatal pada vagina.

Meningkatkan kepadatan mineral tulang
Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein kedelai dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang. Kedelai juga dapat mengurangi resiko terjadinya patah tulang pada beberapa wanita.

Berapakah jumlah kedelai yang harus dikonsumsi?
Terdapat beberapa manfaat kedelai bagi kesehatan tubuh, berikut jumlah kebutuhan kedelai untuk mendapatkan manfaat kedelai yang diinginkan.

Menurunkan kolesterol membutuhkan 20-50 gram/hari protein kedelai
Mencegah osteoporosis membutuhkan 40 gram/hari protein kedelai yang mengandung 2-2,25mg isoflavon per gram kedelai.
Menurunkan gejala menopause membutuhkan 20-60gram/hari protein kedelai
Menurunkan resiko gangguan ginjal membutuhkan protein kedelai 700-800mg/kg berat badan/hari
Untuk mengatasi diare pada bayi 18-20gram protein kedelai per liter

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

Healthline. (2013, 22 September). Is Soy Bad for You, or Good? The Shocking Truth. Diperoleh 13 Februari 2018 dari: https://www.healthline.com/nutrition/is-soy-bad-for-you-or-good
WebMD. Find a Vitamin or Supplement Soy. Diperoleh 13 Februari 2018 dari: https://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-975-soy.aspx?activeingredientid=975