Jagalah Kesehatan Sendi

JAGALAH KESEHATAN SENDI

Menggunakan tas ransel pada kedua bahu dapat membantu menjaga kesehatan sendi. Karena meletakkan tas ransel hanya pada satu bahu dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada satu bahu saja.

Sendi merupakan hubungan antara dua tulang. Sendi dan organ disekitarnya memungkinan seseorang untuk dapat menekuk siku dan lutut, menggoyangkan pinggul, menekuk punggung, membalikkan kepala, dan melambaikan tangan.
Jaringan halus atau yang disebut dengan tulang rawan, sinovium, dan pelumas yang sering juga disebut bantal sendi menjaga agar tulang tidak saling bergesekan. Cara terbaik untuk merawat sendi adalah dengan menjaga sendi dan otot.

Bagaimana cara menjaga kesehatan sendi?

Tetaplah bergerak
Semakin banyak bergerak atau beraktifitas dapat mencegah terjadinya kekakuan pada sendi. Anda perlu sering berganti posisi jika sedang membaca, bekerja, atau menonton TV.
Mengutamakan keselamatan ketika beraktifitas dan berolahraga
Menjaga berat badan agar tetap stabil.
Menjaga berat badan agar tetap dalam rentang normal merupakan usaha paling baik untuk menjaga kesehatan sendi. Bantalan-bantalan sendi yang menahan beban seperti lutut, pinggul, dan punggung kesehatannya dipengaruhi oleh berat badan. Mengurangi berat badan juga dapat mengurangi tekanan pada lutut, pinggul, dan punggung. Berdasarkan penilitian menyampaikan bahwa setiap pon kenaikan berat bada dapat memberikan tekanan empat kali lebih banyak pada lutut.
Melakukan aktifitas fisik dapat membantu menjaga kesehatan sendi
Olahraga dapat membantu menurunkan berat badan berlebih dan mempertahankan berat badan yang sudah normal. Aktifitas fisik yang dapat dilakukan untuk dapat menjaga sendi adalah dengan melakukan senam aerobik, berenang, atau bersepeda.
Lakukan aktifitas fisik untuk membentuk otot
Otot yang kuat dapat menopang sendi. Jika otot tidak cukup kuat maka dapat menyebabkan persendian goyah terutama tulang belakang, pinggul, dan lutut yang memiliki keharusan untuk menopang seluruh berat badan. Latihan angkat beban membantu membentuk otot dan menjaga otot dan ligamen sekitarnya tetap kuat.
Kenali batas kemampuan tubuh
Melakukan aktifitas fisik dapat menyebabkan tubuh menjadi nyeri atau rasa sakit. Kenali tanda tubuh jika nyeri mulai terasa dan segera beristirahat.
Menjaga postur tubuh untuk menjaga kesehatan sendi

Posisi membungkuk tidak baik untuk persendian. Memiliki posisi berdiri dan duduk tegak dapat melindungi sendi dari leher hingga lutut. Postur tubuh yang baik juga dapat membantu menjaga sendi pinggul dan otot punggung. Postur tubuh juga penting untuk mengangkat dan membawa barang. Misal, ketika membawa ransel perlu dipastikan untuk meletakkan di atas kedua bahu. Membawa ransel hanya disatu bahu dapat menyebabkan peningkatan tekanan hanya pada satu sisi sendi. Saat mengangkat barang gunakan lutut untuk menekuk.

Gunakan pelindung tubuh
Gunakan pelindung tubuh seperti helm, bantalan lutut, bantalan siku, dan pergelangan tangan ketika melakukan aktifitas yang beresiko tinggi. Cedera serius atau beberapa luka ringan dapat merusak tulang rawan. Cedera dapat menyebabkan masalah sendi jangka panjang.
Mengkonsumsi makanan yang sehat untuk sendi
Mengkonsumsi makanan sehat sangat baik untuk persendian karena membantu membangun tulang dan otot yang kuat. Untuk menjaga kesehatan tulang diperlukan asupan kalsium dan vitamin D. Untuk menjaga kesehatan otot diperlukan asupan protein yang tinggi pada makanan. Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dan antioksidan lainnya dapat membantu menjaga persendian.

Mengkonsumsi makanan sehat dan aktifitas fisik merupakan cara untuk menjaga tubuh tetap sehat. Tidak perlu memikirkan tubuh langsing karena berat badan normal akan mengikuti.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.  

Sumber:

WebMD. (2016, 23 Januari). Caring for Your Joints. Diperoleh 07 Juli 2017 dari: http://www.webmd.com/arthritis/caring-your-joints#3
WebMD. (2016, 20 Oktober). Tips to Keep Joints Healthy. Diperoleh 07 Juli 2017 dari: http://www.webmd.com/rheumatoid-arthritis/better-living-ra-17/active/slideshow-keep-joints-healthy