Gigi Bungsu
Gigi Bungsu

Gigi Bungsu

Diposting pada

GIGI BUNGSU

Gigi bungsu merupakan gigi geraham yang terakhir dan umumnya tumbuh pada usia antara 17-25 tahun.

Gigi bungsu merupakan gigi geraham yang terakhir dan umumnya tumbuh pada usia antara 17-25 tahun. Terkadang gigi bungsu tumbuh sesuai alurnya, tetapi lebih sering tumbuh miring dan perlu dihilangkan. Gigi bungsu yang tidak tumbuh sesuai alur dapat tumbuh seperti:

Tumbuh pada sudut dekat dengan gigi sebelumnya
Tumbuh di sudut ke arah belakang mulut
Tumbuh tidur ke arah  gigi yang lain
Tumbuh lurus ke atas atau kebawah secara normal, namun tetap terjebak didalam rahang (tidak dapat menembus gusi)

Kelainan gigi bungsu yang buruk dapat menghalangi atau merusak gigi yang berdekatan, tulang rahang, dan saraf. Gigi bungsu juga dapat mengalami kelainan seperti tertutup didalam jaringan lunak atau tulang rahang atau hanya sebagian gigi yang dapat menembus gusi. Selain itu, tumbuhnya gigi bungsu dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, atau kaku pada rahang. Gigi bungsu yang tidak keluar seluruhnya dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi karena sulit dijangkau ketika menyikat gigi dan flossing.

Apakah yang perlu dilakukan ketika gigi bungsu mulai akan tumbuh?
Berkonsultasilah dengan dokter spesialis gigi tentang posisi gigi bungsu. Kemungkinan dokter akan melakukan pemeriksaan dengan menggunakan teknologi sinar X secara berkala untuk mengevaluasi pertumbuhan gigi bungsu. Dokter akan mengetahui jika terdapat kelainan pada gigi bungsu. Gigi bungsu akan lebih mudah untuk diambil jika akarnya belum berkembang dan tulang gigi belum padat.

Bagaimana tanda dan gejala tumbuhnya gigi bungsu?
Gigi bungsu yang akan tumbuh tidak selalu menimbulkan gejala. Namun, ketika gigi bungsu menjadi terinfeksi dan merusak gigi lain mungkin akan mengalami tanda dan gejala seperti:

Gusi merah atau bengkak
Gusi menjadi lembut atau berdarah
Nyeri pada rahang
Bengkak disekitar rahang
Bau mulut
Rasas tidak enak pada mulut
Kesulitan untuk membuka mulut

Apakah dampak dari pertumbuhan gigi bungsu yang tidak sempurna?
Gigi bungsu yang tumbuh tidak sempurna dapat menyebabkan beberapa masalah dimulut, seperti:

Kerusakan gigi yang lain
Jika gigi bungsu mendorong gigi disebelahnya dapat merusak gigi tersebut dan meningkatkan resiko terjadinya infeksi pada bagian tersebut.
Kista
Gigi bungsu dapat berkembang dalam kantung didalam tulang rahang. Kantung bisa terisi oleh cairan dan membentuk kista yang merusak tulang rahang, gigi, dan saraf.
Karies gigi
Gigi bungsu yang tumbuh tidak sempurna dapat menularkan karies pada gigi yang lain. Karies terjadi karena gigi bungsu lebih sulit untuk dibersihkan dari makanan dan bakteri.
Penyakit gusi
Kesulitan membersihkan gigi bungsu dapat menyebabkan penyakit pada gusi.

Apakah pertumbuhan gigi bungsu dapat dicegah

Pertumbuhan gigi bungsu tidak dapat dicegah namun dapat dijaga dengan menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Rutin melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali dapat membantu mengetahui pertumbuhan gigi bungsu normal atau tidak.

Berkonsultasilah dengan dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

Mayo Clinic. (2015, 31 Maret). Impacted Wisdom Teeth. Diperoleh 14 Desember 2017 dari: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wisdom-teeth/diagnosis-treatment/drc-20373813
WebMD. (2017, 24 Januari). Dental Health and Wisdom Teeth. Diperoleh 14 Desember 2017 dari: https://www.webmd.com/oral-health/wisdom-teeth#1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *