First Aid Kit Selama Mudik
First Aid Kit Selama Mudik

First Aid Kit Selama Mudik

Diposting pada

FIRST AID KIT SELAMA MUDIK

Perlengkapi perjalanan mudik dengan membawa first aid kit dan obat-obatan yang harus dikonsumsi setiap hari agar tetap sehat selama mudik.

Mudik merupakan suatu tradisi yang terjadi ketika Hari Raya Idul Fitri yang berkembang di masyarakat Indonesia. Perjalanan mudik lintas provinsi sering kali diwarnai dengan kemacetan. Salah satu yang harus dipersiapkan untuk mudik adalah obat-obatan yang diperlukan ketika mengalami kondisi kesehatan yang sedang terganggu atau yang lebih dikenal dengan First Aid Kit.

First aid kit dibagi menjadi beberapa tipe yaitu umum, obat-obatan bebas, dan khusus. Beberapa contoh first aid kit umum adalah :

Perlengkapan untuk membersihkan dan membalut luka seperti larutan antiseptik, plester, kasa, dan kapas.
Termometer
Tisu antibakteri
Obat nyamuk
Tabir surya
Gel pembersih tangan dan sarung tangan diperlukan untuk membersihkan tangan jika harus membersihkan luka. Gunakan gel pembersih tangan saat sebelum dan sesudah merawat luka.

Obat-obatan bebas yang perlu dipersiapkan selama mudik adalah :

Obat untuk mengatasi diare
Obat untuk anti-alergi
Obat untuk meredakan flu, pilek dan batuk
Obat untuk meredakan mual dan muntah
Obat untuk menghilangkan rasa nyeri atau demam
Obat untuk mengatasi sembelit
Obat untuk mengurangi asam lambung
Salep untuk anti-jamur
Salep untuk anti-bakteri
Obat untuk luka bakar
Salep atau gel untuk meredakan nyeri

Siapkan pula obat-obatan khusus yang harus dikonsumsi setiap hari seperti obat untuk diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol, dan obat lain yang dibutuhkan seperti obat untuk asthma.
Untuk menyimpan semua perlengkapan pertolongan pertama tersebut dapat dimasukkan ke dalam kantong seperti tempat untuk make-up. Untuk wadah first aid kit usahakan menggunakan bahan yang tahan air. Selama perjalanan letakkan wadah first aid kit pada mobil ditempat yang mudah terlihat. Ketika meninggalkan mobil dan berpindah ke penginapan maka bawalah juga first aid kit tersebut.

Persiapkan mudik dengan matang dan selalu ingat untuk tetap menjaga kesehatan.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

Centers for Disease Control and Prevention. (2016, 21 Oktober). Pack Smart. Diperoleh 15 Juni 2017 dari: https://wwwnc.cdc.gov/travel/page/pack-smart
webMD. (2016, 02 Februari). First Aid Kits. Diperoleh 15 Juni 2017 dari: http://www.webmd.com/first-aid/first-aid-kits-treatment#2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *