Cari Tahu Tentang Mioma Yuk
Cari Tahu Tentang Mioma Yuk

Cari Tahu Tentang Mioma Yuk

Diposting pada

CARI TAHU TENTANG MIOMA YUK

Beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko terjadinya mioma adalah seperti lama menstruasi pada usia dini, penggunaan kontrasepsi, obesitas, kekurangan vitamin D, mengkonsumsi daging merah lebih banyak dan mengurangi konsumsi sayuran, dan konsumsi alkohol.

Mioma umumnya muncul didalam rahim dengan ukuran, bentuk, dan lokasi yang bervariasi. Mioma rahim tidak meningkatkan resiko terjadinya kanker rahim dan tidak pernah berkembang menjadi kanker. Seseorang dapat memiliki mioma tunggal atau beberapa. Dalam kasus yang ekstrim, beberapa mioma dapat membesar hingga mencapai tulang rusuk.

Bagaimana gejala memiliki mioma?
Umumnya wanita yang memiliki mioma tidak mengalami gejala. Gejala yang kemungkinan dapat timbul meliputi:

Pendarahan menstruasi yang parah
Masa menstruasi berlangsung lebih dari seminggu
Mengalami tekanan pada panggul atau terasa nyeri
Sering buang air kecil
Kesulitan mengosongkan kandung kemih
Mengalami sembelit
Nyeri punggung atau sakit pada kaki

Mioma terbagi menjadi dua jenis berdasarkan lokasinya:

Mioma submucosa adalah mioma yang timbul didalam rongga rahim.
Mioma subserosal adalah mioma yang timbul dibagian luar rahim.

Apakah penyebab timbulnya mioma?
Penyebab pasti timbulnya mioma belum dapat diketahui, namun kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

Perubahan genetik
Umumnya mioma tersusun oleh sel yang mengalami perubahan genetik sehingga berbeda dengan sel otot rahim normal.
Hormon
Esterogen dan progesterone merupakan hormone yang merangsang perkembangan lapisan rahim pada setiap siklus menstruasi untuk mempersiapkan kehamilan. Mioma mengandung lebih banyak hormone progesterone dan esterogen dibandingkan dengan sel normal. Mioma dapat mengecil setelah menopause akibat penurunan produksi hormone.
Faktor pertumbuhan lainnya
Mioma rahim kemungkinan berkembang dari sel induk dalam jaringan otot halus rahim (myometrium). Sel tunggal yang membelah berulang kali hingga terbentuk massa yang berbeda dari jaringan didekatnya. Pola pertumbuhan mioma rahim bervariasi, dapat lambat atau cepat atau tetap dengan ukuran yang sama. Kehamilan dapat menyebabkan timbulnya mioma atau menyusutnya mioma.

Apakah faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya mioma rahim?
Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya mioma rahim seperti wanita pada usia subur. Faktor lain yang berdampak pada berkembangnya mioma rahim:

Faktor keturunan
Jika ibu atau saudara perempuan memiliki mioma maka seseorang beresiko lebih tinggi memiliki mioma rahim.
Faktor lingkungan
Beberapa hal lain yang dapat meningkatkan resiko mioma seperti lama menstruasi pada usia dini, penggunaan kontrasepsi, obesitas, kekurangan vitamin D, mengkonsumsi daging merah lebih banyak dan mengurangi konsumsi sayuran, dan konsumsi alkohol.

Apakah terapi yang dapat dilakukan untuk mengatasi mioma rahim?
Terapi obat merupakan salah satu pilihan untuk mengatasi mioma rahim. Obat-obatan dapat mengurangi terjadinya pendarahan dan nyeri. Pengobatan tidak dapat mencegah pertumbuhan mioma. Tindakan bedah dibutuhkan untuk mengambil mioma yang sedang tumbuh. Berikut beberapa terapi pengobatan yang dapat membantu mengatasi mioma:

Obat kontrasepsi dan obat hormonal lain untuk mengendalikan pendarahan dan mesntruasi yang berat.
Gonadotropin releasing hormone agonis untuk menghentikan siklus menstruasi dan dapat mengecilkan mioma.
Progestin releasing intrauterine device (IUD) dapat membantu meredakan pendarahan. IUD progestin dapat meringankan gejala namun tidak dapat mengecilkan mioma.

Sumber:

Mayo Clinic. (2017, 17 Agustus). Uterine Fibroids. Diperoleh 21 Desember 2017 dari: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/uterine-fibroids/diagnosis-treatment/drc-20354294
The American Congress of Obstetricians and Gynecologists. (2011, May). Diperoleh 21 Desember 2017 dari: https://www.acog.org/Patients/FAQs/Uterine-Fibroids

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *