Cari Tahu Cara Kerja Jantung

CARI TAHU CARA KERJA JANTUNG

Jantung adalah salah satu organ yang selalu diingatkan untuk dijaga kesehatannya. Apakah yang membuat perannya sangat penting bagi tubuh? Dan bagaimana cara kerjanya?

Jantung merupakan salah satu organ penting yang terletak dibawah tulang rusuk, sedikit kekiri dan diantara paru-paru dan bekerja secara luar biasa untuk tubuh. Jantung memiliki ukuran hanya sekepalan tangan dan terbentuk dari otot yang kuat sehingga mampu berkontraksi untuk memompa darah yang berisi oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Dalam satu hari, jantung mampu memompa darah hingga 100.000 kali dengan volume lima hingga enam liter darah setiap menit atau sekitar 2000 galon per hari.

Bagaimana Cara Jantung Bekerja?
Jantung memiliki 4 ruangan atau bilik yang harus bekerja bersama secara teratur agar darah tetap mengalir terus ke jantung, paru-paru dan seluruh tubuh. Berikut empat bilik jantung dan masing-masing fungsinya:

Bilik kanan atas atau atrium kanan yang berfungsi menerima darah kotor atau yang rendah oksigen dari vena dan memompanya ke ventrikel kanan.
Bilik kanan bawah atau ventrikel kanan berfungsi menerima darah kotor dari atrium kanan dan memompanya ke paru-paru
Bilik kiri atas atau atrium kiri berfungsi menerima darah bersih atau darah yang kaya oksigen dari paru-paru dan memompanya ke ventrikel kiri
Bilik kiri bawah atau ventrikel kiri akan memompa darah bersih yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. Kontraksi kuat ventrikel kiri adalah pembentuk tekanan darah.

Keempat bilik tersebut dipisahkan oleh dinding yang disebut septum. Darah dipompa ke bilik-bilik dengan bantuan empat katup jantung. Katup bekerja dengan membuka dan menutup agar aliran darah tetap satu arah. Darah yang dipompa oleh jantung akan masuk ke pembuluh darah untuk didistribusikan ke seluruh tubuh. Pembuluh darah juga berfungsi untuk mengangkut darah dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Terdapat tiga jenis pembuluh darah dalam tubuh manusia:

Arteri
Arteri adalah pembuluh darah yang membawa oksigen dari jantung untuk didistribusikan ke seluruh tubuh. Arteri memiliki banyak cabang hingga ke ukuran yang kecil agar darah dapat masuk ke seluruh organ tubuh.
Kapiler
Kapiler adalah pembuluh darah kecil dan tipis yang menghubungkan arteri dan vena. Kapiler menjadi penghubung untuk mengantarkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel organ. Kapiler juga menjadi penghubung untuk membawa karbondioksida dan produk hasil metabolism dari sel-sel organ.
Vena
Vena merupakan pembuluh darah yang membawa darah kembali ke jantung. Vena membawa darah yang mengandung sedikit oksigen yang perlu dikeluarkan dari tubuh. Vena yang berukuran besar adalah yang terdekat dengan jantung. Terdapat dua macam vena yang memiliki fungsi berbeda. Vena cava superior membawa darah dari kepala dan lengan ke jantung. Vena cafa inferior membawa darah dari perut dan kaki ke jantung.

Bagaimana Cara Jantung Berdetak?
Atrium dan ventrikel bekerja bersama, bergantian untuk kontraksi dan relaksasi untuk memompa darah. Jantung berdetak karena dipicu oleh sinyal listrik dari SA node (sinoatrial node) yang terdapat pada atrium kanan. SA node dikenal sebagai alat pacu jantung alami. Gaya listrik akan menyebar pada dinding atrium dan menyebabkan jantung berkontraksi.

Jantung memiliki cara kerja dan fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Dengan mengetahui peran kerja jantung akan membuat kita semakin menyadari tentang pentingnya hidup sehat agar jantung dan tubuh tetap sehat. Karena tubuh adalah rumah tempat kita hidup.

Sumber:

American Heart Association. How The Healthy Heart Works. Diperoleh 28 September 2018 dari: http://www.heart.org/en/health-topics/congenital-heart-defects/about-congenital-heart-defects/how-the-healthy-heart-works
American Heart Association. Heart, How It Works. Diperoleh 28 September 2018 dari: https://www.heart.org/HEARTORG/Affiliate/Heart-How-It-Works_UCM_428843_Article.jsp
WebMD. (2018, 15 April). How The Hearts Works. Diperoleh 28 September 2018 dari: https://www.webmd.com/heart-disease/guide/how-heart-works#4