Cara Mengatur Kertas di Microsoft Word

Cara Mengatur Kertas di Microsoft Word Sesuai Keinginan

Diposting pada

Cara Mengatur Kertas di Microsoft Word – Memang terdengar sepele namun hal cukup penting untuk dibahas melihat masih ada banyak orang yang belum mengetahui bagaimana caranya untuk mengatur ukuran kertas pada Microsoft Word sesuai dengan keinginan. Karena hal ini sangat penting untuk diketahui sebab setiap ukuran kertas memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda.

Misalnya saja kertas folio atau F4 yang sering digunakan pada percetakan dan fotocopy. Salah satu alasan mengapa kita perlu mengatur kertas pada Microsoft Word adalah agar ketika di cetak nanti hasilnya bagus dan tidak berantakan. Nah, buat kamu yang masih merasa bingug untuk mengatur kertas pada MS. Word maka artikel ini kami telah membahas bagaimana cara mengatur kertas di Microsoft Word sesuai keinginan.

Cara Mengatur Kertas di MS. Word

Bisa dimaklumi jika ada sebagian orang yang masih belum mengetahui bagaimana caranya mengatur ukuran kertas pada Microsoft Word. Ms. Word memang dikenal sebagai salah satu program office yang paling banyak digunakan karena memiliki fitur yang berlimpah serta tampilannya yang sederhana dan tidak membuat penggunanya merasa bingung.

Bahkan anak SD pun sudah bisa memahami fungsi-fungsi dasar dari software satu ini. Namun meski begitu, tetap saja ada beberapa hal yang memang perlu dipelajari terlebih dahulu. Salah satunya adalah untuk mengganti atau mengatur ukuran kertas di Ms. Word. Karena seperti yang kita tahu jika ada banyak jenis kertas yang biasa kita temui di percetakan.

Sehingga kita perlu memahaminya terlebih dahulu agar ukuran kertas di Ms. Word bisa sesuai dengan kertaas aslinya. Dalam hal ini kita akan mengatur ukuran kertas menjadi F4/ Mengapa/ Sebab ukuran kertas F4 menjadi salah satu jenis kertas yang paling umum digunakan untuk mencetak berbagai dokumen.

Berikut ini kami paparkan tutorial bagaimana cara mengatur kertas di Microsoft Word menjadi F4 dengan mudah.

1.Cari Fitur Layout

Di bagian atas Ms. Word ada beberapa tab menu yang tersedia kamu bisa memilih tab Layout. Di sinilah semua pengaturan kertas tersedia, mulai dari pengaturan margin hingga memilih ukuran kertas yang diinginkan. Namun juka kamu masih menggunakan Ms. Word versi lama seperti versi 2007 mungkin kamu tak akan menemukan tab Layout melainkan Page Layout.

2.Masuk di Bagian Page Setup

Di bagian Layout ada banyak sekali fitur yang bisa kamu temui. Namun untuk mengatur ukuran kertas kamu bisa memilih tab Page Setup.

3.Klik Paper

Berikutnya kamu bisa klik bagian Paper. Di bagian inilah kamu bisa melihat berbagai ukuran kertas mulai dari A4, B4, R4 dan lain sebagainya. Kamu tinggal pilih ukuran kertas yang sesuai dengan keinginan.

Akan tetapi jika tidak ada ukuran kertas yang kamu inginkan, kamu masih bisa mengaturnya secara manual. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu memasukkan ukuran pada bagian height dan width atau panjang dan lebar. Sesuaikan dengan ukuran kertas yang kamu inginkan.

Namun jika kamu belum mengetahui ukuran kertas dalam skala centimeter, kamu tidak perlu bingung. Sebab di kutip dari situs Selembar, kami telah mengumpulkan beberapa ukuran kertas yang paling populer dan sering digunakan.

  • Ukuran kertas A4 dalam cm adalah 21 x 27,9 cm
  • Ukuran kertas F4 dalam cm adalah 21 x 33 cm
  • Ukuran kertas Letter dalam cm adalah 21,59 x 27,94 cm
  • Ukuran kertas A3 dalam cm adalah 29,7 x 41,99 cm

Ukuran kertas di atas menjadi yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang. Tetapi jika tidak ada ukuran kertas yang sesuai kamu masih bisa mencarinya di internet, karena sudah tersedia banyak berbagai ukuran kertas dalam bentuk cm, mm bahkan inchi.

4.Klik OK

Jika sudah selesai melakukan semua pengaturan kamu tinggal klik OK saja. Maka secara otomatis ukuran kertas akan berubah dan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Bagaimana mudah sekali bukan? Kamu juga tidak perlu repot-repot mengatur ulang ukuran kertas ketika ingin membuat lembar kerja baru di Microsoft Word. Sebab setelah kamu menyimpan dokumen maka pengaturan ukuran kertas yang telah kamu lakukan sebelumnya tidak akan berubah, kecuali kamu mengubahnya kembali ke ukuran lain.

Beberapa Hal yang Perlu Kamu Perhatikan

Saat ini, kamu sudah mengetahui bagaimanakah cara mengatur kertas di word. Tetapi, saat sebelum kamu pada akhirnya cetak atau print file kamu di word, seharusnya Anda lihat banyak hal.

Yang pertama, yakinkan kertas yang kamu pasang di print memang sesuai ukuran kertas yang kamu seting di Ms. Word. Ini penting. Karena bila ukuran tidak sesuai dengan, bisa jadi tulisan yang kamu bikin terpenggal. Atau kertas yang kamu pakai terlampau besar.

Apa lagi bila kamu kerjakan pekerjaan sekolah atau kuliah di mana telah ada ketetapan ukuran kertas yang perlu dipakai. Yakinkan kertas dan ukuran kertas sesuai ketetapan.

Yang ke-2 , yakinkan printer connected dengan computer atau netbook yang kamu pakai. Install software printer di piranti yang kamu pakai supaya printer tersambung. Bila tidak, kamu akan tidak berhasil cetak.

Yang paling akhir, pakai kertas yang berkualitas. Apa lagi bila kamu cetak document atau pekerjaan kuliah yang penting. Pakai kertas dengan tebal yang sama sesuai hingga tinta printer tidak tembus. kamu dapat pakai kertas A4 dari SiDU. Kertas SiDU ialah kertas multi-fungsi berkualitas yang khusus diproduksi untuk penuhi keperluan kamu. SiDU sediakan beragam jenis ukuran kertas dan gramasi untuk Anda tentukan.

Demikianlah pembahasan kami mengenai bagaimana cara mengatur kertas di Microsoft Word sesuai dengan keinginan. Dengan pembahasan kali ini diharapkan kamu tidak bingung lagi jika tidaka ada ukuran kertas yang kamu inginkan. Sebab kini kamu sudah tahu bagaimana cara mengaturnya secara manual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *