Bisakah Tetap Ideal Dengan Makanan Cepat Saji??

BISAKAH TETAP IDEAL DENGAN MAKANAN CEPAT SAJI??

Tetap memilih porsi kecil pada makanan dan minuman yang dipesan dan mengganti kentang goreng dengan menggunakan salad atau soup dapat membantu mencegah peningkatan berat badan karena mengkonsumsi makanan cepat saji.

A : “Ga mau ah makan fast food. Nanti gendut aku”
B : “Udah makan aja, kan Cuma sesekali. Hidup Cuma sekali lho makan yang enak-enak donk”

Mayoritas wanita pernah mengalami masalah “takut gendut” sehingga membatasi atau tidak mengkonsumsi makanan cepat saji. Lalu benarkah makanan cepat saji tidak dapat menjadi bagian dari diet? Benarkah boleh sesekali mengkonsumsi makanan cepat saji?

Tentu bisa dan Anda tidak perlu khawatir berat badan dapat naik hanya dengan sesekali mengkonsumsi makanan cepat saji. Kuncinya adalah dengan memesan makanan dengan bijak dan maksimal hanya sekali dalam seminggu. Pemilihan makanan harus bijak karena hampir seluruh makanan cepat saji memiliki kandungan tinggi kalori, lemak, gula, dan garam. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar tetap sehat dan berat badan terkontrol walaupun mengkonsumsi makanan cepat saji :

Tetap menjaga porsi makan
Jika terdapat pemilihan ukuran roti atau nasi pada makanan cepat saji, maka Anda dapat memilih porsi yang terkecil. Jumlah kalori pada hamburger salah satu restoran cepat saji adalah 250 kalori dan cheeseburger memiliki 300 kalori. Tidak menambahkan kentang goreng sekalipun porsi kecil pada menu adalah pilihan yang bijak karena dapat mengurangi sekitar 320 kalori.
Mengganti jenis makanan pendamping
Mengganti makanan pendamping seperti kentang goreng dengan kentang panggang atau buah atau salad sayur atau soup.
Pemilihan makanan
Jika tersedia makanan yang bebas lemak seperti salad dengan ayam panggang atau salad sayuran dengan udang. Hindari menggunakan penambahan keju atau mayonaise pada makanan.
Pemilihan minuman
Banyak minuman yang memiliki kandungan tinggi kalori, seperti soda yang memiliki kandungan kalori hampir 300 kalori. Menambahkan ice cream pada minuman dapat meningkatkan jumlah kalori pada minuman. Mengkonsumsi air putih lebih bagus dari pada minuman seperti soda dan milk shake.
Menjaga porsi minuman
Tetap memilih porsi minuman yang kecil agar minuman yang dikonsumsi tidak memiliki kandungan kalori yang tinggi.

Berikut jumlah kalori pada beberapa makanan cepat saji :

Nama Makanan

Porsi Makanan

Jumlah Kalori

Hamburger

1 porsi

250

Cheeseburger

1 porsi

300

Kentang goreng

Porsi medium

380

Ayam goreng

1 porsi

490

Soup ayam

Porsi medium

160

Hamburger

Porsi besar

540

Mengkonsumsi makanan cepat saji dapat memberikan asupan kalori pada tubuh sebanyak 1500 kalori dari hanya satu kali makan saja. Sedangkan setiap hari tubuh hanya membutuhkan kalori sebanyak 1500-1800 kalori dan sekitar 50-60 gram. Sehingga memilih makanan cepat saji setiap hari dapat menyebabkan peningkatan kalori yang dapt menyebabkan kenaikan berat badan dan dapat menyebabkan terganggunya kondisi kesehatan seperti penyakit jantung.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

Mayo Clinic. (2016, 27 Februari). Fast Food : Tips for Choosing Healthier Options. Diperoleh 03 Maret 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fast-food/art-20047179?pg=1
Medline Plus. (2016, 25 April). Calorie Count-Fast Food. Diperoleh 03 Maret 2017 dari : https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000887.htm
Obesity Action Coalition. Fast Food-Is it the Enemy. Diperoleh 06 maret 2017 dari : http://www.obesityaction.org/educational-resources/resource-articles-2/nutrition/fast-food-is-it-the-enemy