Berapakah Durasi Tidur Cukup Pada Bayi?
Berapakah Durasi Tidur Cukup Pada Bayi?

Berapakah Durasi Tidur Cukup Pada Bayi?

Diposting pada

BERAPAKAH DURASI TIDUR CUKUP PADA BAYI?

Bayi yang berusia 1-4 minggu membutuhkan tidur selama 15-18 jam sehari dan durasi tidurnya hanya 2-4jam. Bayi pada usia ini belum memiliki pola tidur siang dan malam.

Pada minggu-minggu awal usia, bayi hanya memiliki aktifitas tidur dan mendapatkan ASI (Air Susu Ibu). Kebutuhan tidur bayi bergantung pada usia bayi.

Berikut durasi kebutuhan tidur bayi berdasarkan usianya :

Bayi berusia 1-4 minggu
Pada usia ini bayi membutuhkan tidur selama 15-18 jam sehari, namun panjang waktu tidurnya hanya 2-4 jam. Bayi yang lahir prematur membutuhkan durasi tidur lebih lama. Sejak lahir, bayi tidak memiliki jadwal tidur dan pola tidurnya tidak melibatkan siklus siang dan malam. 
 
Bayi berusia 1-4 bulan
Pada usia ini bayi membutuhkan tidur selama 14-15 jam sehari. Pada usia 6 minggu, bayi sudah mulai memiliki irama atau pola tidur yang teratur. Durasi terlama tidur bayi adalah 4-6 jam dan cenderung terjadi ketika malam hari. 
 
Bayi berusia 4-12 bulan
Pada usia ini bayi idealnya bayi membutuhkan tidur selama 15 jam sehari. Namun sebagian besar bayi berusia 11 bulan hanya tidur selama 12 jam. Pada usia tersebut bayi akan lebih sering berinteraksi dengan lingkungannya dan pola tidurnya akan semakin mirip dengan orang dewasa.
 
Balita berusia 1-3 tahun
Pada usia ini, balita membutuhkan tidur sampai 14 jam sehari. Namun pada umumnya balita hanya mendapatkan waktu tidur hanya 10 jam sehari.

Memenuhi kebutuhan tidur bayi dapat membantu tumbuh kembang bayi. Berikut beberapa manfaat bayi tidur :

Tidur yang cukup dapat membantu pertumbuhan bayi.
Tidur yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan jantung bayi.
Tidur yang cukup dapat membantu menjaga agar berat badan bayi tidak berlebihan.
Tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.
Tidur yang cukup dapat membantu kinerja otak bayi.
Tidur yang cukup dapat membuat suasana hati atau emosi bayi stabil.    

Bagaimanakah cara agar bayi tidur pada malam hari?
Bayi yang baru lahir tidak memiliki jadwal tidur yang jelas sehingga orang tua perlu membiasakan bayi untuk dapat tidur sesuai dengan jadwal. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan :

Melakukan permainan yang aktif pada siang hari dan mengajak bayi untuk bermain santai pada malam hari.
Membersihkan tubuh bayi dengan kain hangat sebelum tidur untuk menenangkan bayi.
Membuat kondisi yang nyaman dan menenangkan pada kamar tidur setiap malam hari.
Ketika bayi terbangun pada malam hari, tetap situasikan kamar sesuai dengan kondisi ketika awal bayi tidur.
Pada saat bayi berusia 2 hingga 3 bulan, Anda dapat menggendong bayi hingga tenang. Ketika bayi sudah diambang tidur, maka bayi bisa ditidurkan dikasur. Hal ini dapat membantu mengajari bayi untuk dapat terlelap tidur sendiri dan tanpa bantuan.
Beberapa bayi terbangun karena lapar sehingga perlu diberi ASI agar bayi dapat kembali tidur.

Bayi yang baru lahir tidak memiliki kebiasaan apapun dan tidak mengenal siang maupun malam. Orang tua memiliki peran untuk membantu mengajarkan banyak hal termasuk tentang kebiasaan pada bayi.

 
1.    
2.     
Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya. 

Sumber :

Science of Mom. (2012, 13 Februari). Why Sleep Matters to Babies and Parents. Diperoleh 06 Maret 2017 dari : https://scienceofmom.com/2012/02/13/why-sleep-matters-to-babies-and-parents/
WebMd. (2016, 25 Februari). How Much Sleep Do Children Need. Diperoleh 06 Maret 2017 dari : http://www.webmd.com/parenting/guide/sleep-children#1
WebMD. (2015, 12 Mei). Help Your Baby Sleep Through The Night. Diperoleh 06 Maret 2017 dari : http://www.webmd.com/parenting/baby/sleep-naps-12/nighttime?page=2
Parents. (2014, Oktober). The 7 Reasons Your Kid Needs Sleep. Diperoleh 06 Maret 2017 dari : http://www.parents.com/health/healthy-happy-kids/why-your-kid-needs-sleep/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *