Bau Kaki
Bau Kaki

Bau Kaki

Diposting pada

BAU KAKI

Bau kaki merupakan kondisi yang membuat tidak nyaman dan menurunkan tingkat percaya diri. Menjemur sepatu setelah digunakan selama dua hari berturut-turut dapat membantu mencegah bau kaki.

Bau kaki atau dalam bahasa medis disebut bromodosis dapat menjadi indikasi kebersihan yang buruk atau terjadinya suatu penyakit.
Pada umumnya bau kaki terjadi ketika memakai sepatu yang tertutup. Bau kaki dapat hilang meskipun setelah melepas sepatu, mencuci kaki, dan mengenakan kaus kaki yang bersih. Namun terkadang masalah akan dapat berlanjut meskipun sudah melakukan beberapa upaya untuk menghilangkan bau pada kaki.

Penyebab bau kaki
Kelenjar keringat memiliki fungsi untuk melembapkan kulit sehingga kulit menjadi lentur dan untuk mengatur suhu ketika cuaca panas atau saat berolahraga. Terdapat lebih banyak kelenjar keringat pada kaki dari pada tempat lain ditubuh. Kelenjar keringat pada mengeluarkan keringat sepanjang waktu dan bukan hanya ketika suhu panas atau berolahraga. Bau kaki terjadi ketika bakteri pada kulit bercampur dengan air keringat.
Bau kaki yang terus menerus terjadi disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur. Kondisi yang dapat menyebabkan kaki berkeringat dan bau adalah ketika :

Menggunakan sepatu yang sama setiap hari. Kaki akan menjadi bau ketika sepatu yang basah karena keringat digunakan kembali sebelum kering.
Kurang menjaga kebersihan diri.
Perubahan hormon sehingga dapat menyebabkan kaki berkeringat lebih banyak, hal ini pada umumnya terjadi pada remaja dan wanita hamil.
Mengalami stress
Mengalami kondisi keringat berlebihan.

Penanganan bau kaki
Bau kaki dapat diatasi dengan beberapa cara, seperti :

Menggunakan sabun antibakteri sangat efektif untuk bau badan dan menggosok sela-sela jari kaki untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang tertinggal pada sela-sela jari.
Menjaga agar kuku tidak  panjang dan menggosok kulit kuku berlebihan dengan sikat kuku.
Mengeringkan kaki setelah mandi atau mencuci kaki.
Memberikan losion untuk melembapkan kaki.

Bagaimana cara mencegah terjadinya bau kaki?
Cara terbaik untuk mencegah terjadinya bau kaki adalah dengan menjaga kebersihan diri dan tidak menggunakan sepatu yang sama selama 2 hari berturut-turut. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk mencegah bau kaki :

Menggunakan antiseptik semprot khusus untuk kaki.
Menjemur sepatu setelah digunakan selama 2 hari berturut-turut.
Mencuci kaki setiap hari dan mengeringkannya, terutama pada bagian sela-sela jari.
Mengganti kaos kaki setiap hari
Menggunakan sepatu yang memiliki bahan kulit atau kanvas.
Menggunakan sandal yang memiliki ujung terbuka ketika musim panas
Tidak memakai alas kaki ketika berada di rumah
Menggunakan sabun scrub antibakteri

Menjaga kebersihan diri sendiri merupakan salah satu upaya untuk mencegah timbulnya penyakit.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber :

Health Grove. Bromodosis (Smelly Feet). Diperoleh 08 Februari 2017 dari : http://conditions.healthgrove.com/l/179/Bromodosis-Smelly-Feet
WebMD. Foot Odor. Diperoleh 08 Februari 2017 dari : http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/tc/foot-odor-topic-overview
WebMD. (2015, 14 Juli). Smelly Feet : What Causes This and How Can I Prevent It?. Diperoleh 08 Februari 2017 dari : http://www.webmd.boots.com/foot-care/smelly-feet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *