Bahayakah Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil?

BAHAYAKAH KAKI BENGKAK PADA IBU HAMIL?

Selama kehamilan, tubuh pada Ibu hamil akan memproduksi dan menyimpan cairan lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini menyebabkan terjadinya bengkak pada tangan dan kaki, terutama pada bulan terakhir kehamilan. Kelebihan cairan pada tubuh berfungsi untuk melembutkan tubuh agar bayi mudah untuk berkembang didalam tubuh ibu. Kelebihan cairan juga digunakan untuk membantu mempersiapkan sendi panggul dan jaringannya agar dapat membuka pada proses persalinan.

Wanita yang sedang hamil sering mengalami bengkak pada bagian kaki dan tangannya. Mengapa hal ini dianggap sebagai kondisi yang wajar?

Selama kehamilan, tubuh akan memproduksi dan menyimpan cairan lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini menyebabkan terjadinya bengkak pada tangan dan kaki, terutama pada bulan terakhir kehamilan. Kelebihan cairan pada tubuh berfungsi untuk melembutkan tubuh agar bayi mudah untuk berkembang didalam tubuh ibu. Kelebihan cairan juga digunakan untuk membantu mempersiapkan sendi panggul dan jaringannya agar dapat membuka pada proses persalinan.

Terdapat beberapa faktor yang juga mempengaruhi terjadinya pembengkakan, seperti :

Cuaca yang panas
Berdiri dalam waktu yang lama
Aktifitas yang penuh selama sehari
Membatasi konsumsi makanan yang mengandung kalium
Mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein
Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi natrium

Penanganan bengkak selama kehamilan
Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat membantu mengurangi bengkak pada kaki :

Menggantung kaki
Menempatkan kaki agar lebih tinggi dari jantung dapat membantu mengurangi bengkak pada kaki.
Memiringkan posisi tidur
Memposisikan tidur dengan cara miring dan menempatkan bantal diantara kedua kaki. Anda dapat menggunakan bantal khusus untuk ibu hamil.
Memperbanyak istirahat
Membatasi diri untuk berdiri atau duduk dilantai untuk waktu yang lama. Diperlukan sesekali berjalan bahkan jika hanya melakukan di sekitar ruang kerja.
Memilih pakaian dengan hati-hati
Menghindari menggunakan pakaian dan celana yang ketat.
Mengkonsumsi banyak air
Hilangkan mitos yang melarang konsumsi air karena konsumsi air dapat membantu mengurangi terjadinya pembengkakan.
Mengurangi makanan asin
Makanan yang memiliki kandungan garam berlebihan dapat menyebabkan terjadinya kelebihan cairan.
Menghindari berada diluar ruangan ketika cuaca panas.
Menggunakan sepatu yang nyaman.
Berenang
Menggunakan kompres dingin pada bagian tubuh yang bengkak.

Bengkak akan sembuh tanpa pengobatan setelah melahirkan. Bengkak akan benar-benar mereda sekitar seminggu atau lebih setelah melahirkan. Bengkak yang terjadi selama kehamilan merupakan kondisi yang wajar namun ketika pembengkakan terjadi tiba-tiba dan parah, maka perlu segera mendapatkan penanganan oleh dokter.

Kehamilan adalah kondisi khusus yang memberikan perubahan pada tubuh. Tetap berhati-hati namun tidak takut berlebihan. Kunci kehamilan yang sehat adalah pola hidup yang sehat.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

American Pregnancy. (2015, Juli). Swelling During Pregnancy. Diperoleh 08 Maret 2017 dari : http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/swelling-during-pregnancy/
Mayo Clinic. (2009, 04 Desember). Pregnancy week by week. Diperoleh 08 Maret 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/expert-blog/swelling-in-pregnancy/bgp-20055777