Bagaimana Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa?
Bagaimana Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa?

Bagaimana Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa?

Diposting pada

BAGAIMANA MENCEGAH BAU MULUT SAAT BERPUASA?

Saat kita berpuasa, kita tidak minum dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini menyebabkan mulut menjadi kering dan memungkinkan untuk muncul aroma tidak sedap pada rongga mulut.

Berpuasa selama rentang waktu sekitar 12 jam dapat menyebabkan mulut menjadi kering dan peningkatan asam lambung. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan bau mulut. Bau mulut bukanlah penyakit atau kelainan yang berbahaya, namun dapat menurunkan rasa percaya diri dan kecemasan.
Umumnya cara paling sederhana untuk mengatasi bau mulut adalah mengkonsumsi permen pelega tenggorokan atau yang biasanya memiliki rasa mint. Namun cara tersebut tentu tidak dapat dilakukan ketika berpuasa.

Bagaimana cara mencegah bau mulut saat berpuasa?
Terdapat beberapa tips untuk mencegah bau mulut adalah :

Menggosok gigi
Menggosok gigi setelah makan dan ketika  ditengah puasa mengalami bau mulut. Menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Pasta gigi yang mengandung antibakteri dapat membantu menurunkan resiko terjadinya bau mulut.
 
Menggunakan dental floss
Menggunakan dental floss secara tepat dapat menghilangkan partikel makanan dan plak dari antara gigi sehingga mampu mengendalikan bau mulut.
 
Menggosok lidah
Menggosok bagian lidah dengan sikat gigi atau pembersih lidah dengan perlahan untuk menghilangkan bakteri pada mulut dapat membantu mengurangi atau mencegah terjadinya bau mulut.
 
Kumur dengan larutan oral antiseptik.
Kumur dengan larutan oral antiseptik minimal dua kali sehari dapat membantu mencegah terjadinya bau mulut. Membawa larutan kumur selalu di dalam tas dapat dilakukan sehingga dapat digunakan ketika mengalami bau mulut saat berpuasa.
 
Membersihkan gigi palsu atau peralatan gigi
Membersihkan behel atau gigi plasu minimal satu kali dalam sehari atau seperti yang diperintahkan oleh dokter gigi sehingga dapat mencegah terjadinya bau mulut.
 
Mencegah terjadinya mulut kering
Untuk menjaga mulut agar tetap lembab dapat diupayakan dengan menghindari merokok, kopi, minuman bersoda, atau alkohol. Dengan menghindari konsumsi minuman tersebut dapat membantu mencegah terjadinya bau mulut.
 
Menghindari makanan yang menyebabkan bau mulut
Menghindari makanan seperti bawang putih dan bawang bombay dapat menyebabkan bau mulut. Mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi dapat menyebabkan bau mulut.
 
Mengganti sikat gigi dengan yang baru secara teratur sehingga dapat membersihkan gigi dengan efektif.
Melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali.

Menjaga kebersihan mulut dapat membantu melancarkan puasa dan juga kegiatan sehari-sehari tanpa bau mulut.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

Mayo Clinic. (2016, 02 Maret). Bad Breath. Diperoleh 05 Juni 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bad-breath/manage/ptc-20192416

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *