Bagaimana Cara Meningkatkan Tekanan Darah?

BAGAIMANA CARA MENINGKATKAN TEKANAN DARAH?

Memperhatikan posisi tubuh ketika duduk dan tidur dapat membantu mengatasi tekanan darah rendah. Misalnya seperti tidur dengan meletakkan kepala sedikit lebih tinggi.

Umumnya orang mengobati tekanan darah dengan menggunakan multivitamin penambah darah. Apakah hal tersebut efektif? Terkadang juga seseorang menggunakan beberapa makanan seperti sate kambing untuk meningkatkan tekanan darah. Amankah pilihan tersebut?
Tekanan darah rendah pada beberapa orang tidak menimbulkan masalah. Namun, umumnya pada penderita tekanan darah rendah dapat mengalami pusing dan bahkan pingsan. Pada kasus yang parah, tekanan darah rendah dapat mengancam nyawa.

Tekanan darah rendah adalah kondisi dimana tekanan darah sistole dibawah 90 mmHg atau tekanan darah diastole dibawah 60 mmHg.

Bagaimana cara meningkatkan tekanan darah?
Pengobatan pada tekanan darah umumnya disesuaikan dengan penyebabnya. Jika tekanan darah rendah disebabkan oleh pengobatan, maka dapat menghentikan pengobatan atau penurunan dosis atas saran dokter.
Jika penyebab terjadinya tekanan darah tidak diketahui maka tujuan pengobatan atau terapi yang dapat dilakukan bertujuan untuk meningkatkan tekanan darah dan mengurangi tanda dan gejala. berikut beberapa hal yang dapat dilakukan :

Mengkonsumsi makanan tinggi garam
Umumnya konsumsi garam perlu dibatasi karena dapat meningkatkan tekanan darah, namun pada penerita tekanan darah rendah dapat memberikan manfaat. Pada orang lanjut usia perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena konsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan gagal jantung.
 
Mengkonsumsi banyak cairan
Cairan dapat meningkatkan volume darah dan membantu mencegah dehidrasi, dimana keduanya merupakan hal yang penting bagi penderita tekanan darah rendah.
 
Mengkonsumsi makanan sehat
Memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan dengan meningkatkan konsumsi buah dan sayuran.
 
Mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat
Untuk mencegah penurunan tekanan darah setelah makan, maka dapat meningkatkan frekuensi makan dan menurunkan porsi makan. Membatasi konsumsi makanan tinggi karbohidrat seperti kentang, nasi, roti, dan mie.
 
Memperhatikan posisi tubuh
Mengubah posisi secara perlahan dari posisi jongkok ke posisi berdiri dan menghindari duduk dengan kaki disilangkan. Ketika tidur maka dapat meletakkan kepala sedikit lebih tinggi.
 
Berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan terapi pengobatan.

Apakah penggunaan multivitamin penambah darah efektif bagi penderita tekanan darah?
Penggunaan multivitamin penambah darah dapat digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tidak dapat langsung mengatasi tekanan darah.

Ambil satu langkah perubahan untuk lebih sehat maka suatu saat Anda akan merasakan dampak dari hidup sehat yang sedang dijalani.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

Mayo Clinic. (2017, 22 April). Low Blood Pressure (Hypotension). Diperoleh 03 Mei 2017 dari: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/low-blood-pressure/manage/ptc-20316678