Bagaimana Cara Mengatasi Dengkur?

BAGAIMANA CARA MENGATASI DENGKUR?

Kegemukan merupakan salah satu penyebab mendengkur sehingga menurunkan berat badan dapat membantu mengatasi mendengkur.

Mendengkur merupakan kebiasaan yang hampir dilakukan oleh semua orang ketika sedang tidur. Mendengkur terjadi saat udara mengalir melalui tenggorokan pada waktu bernafas dalam tidur. Hal ini menyebakan jaringan pada tenggorokan menjadi rileks dan bergetar sehingga timbullah suara mendengkur.
Mendengkur dapat menganggu tidur diri sendiri dan keluarga. Mendengkur dapat menjadi tanda kondisi kesehatan yang terganggu, seperti:

Saluran udara tersumbat
Mengalami kegemukan
Memiliki masalah dengan struktur mulut, hidung, atau tenggorokan
Mengalami kurang tidur

Pada beberapa kasus, mendengkur disebabkan karena tidur terlentang atau mengkonsumsi alcohol sebelum tidur atau mendekati jadwal tidur.
Kebiasaan mendengkur dapat menyebabkan terjadinya gangguan, seperti:

Mengantuk pada siang hari
Mengalami frustasi atau marah
Kesulitan berkonsentrasi
Meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, gangguan jantung, dan stroke
Meningkatkan resiko kecelakaan kendaraan akibat kurang tidur

Bagaimana cara mengatasi mendengkur?
Dalam beberapa kasus yang berat, diperlukan untuk mendapatkan terapi pengobatan dari dokter. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi mendengkur dan berbagai penyebab:

Menurunkan berat badan jika mengalami kegemukan
Berat badan yang normal dapat mengurangi jumlah jaringan di tenggorokan yang bisa menyebabkan mendengkur. Berat badan normal dapat dilakukan dengan cara mengurangi asupan kalori, mengkonsumsi makanan yang lebih sehat, dan berolahraga teratur setiap hari.
Tidur dengan posisi memiringkan badan
Tidur terlentang terkadang menyebabkan lidah bergerak ke bagian belakang tenggorokan sehingga menghalangi sebagian aliran udara yang melalui tenggorokan. Tidur dengan posisi miring dapat memudahkan aliran udara.
Meletakkan kepala lebih tinggi ketika tidur
Menempatkan kepala lebih tinggi dapat membantu mengurangi dengkuran dengan menjaga saluran udara tetap terbuka.
Mengobati alergi yang kronis
Alergi dapat mengurangi aliran udara melalui hidung sehingga memaksa seseorang untuk bernafas melalui mulut. Kondisi ini yang menyebabkan kemungkinan seseorang mendengkur. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan terapi pengobatan yang tepat.
Membatasi atau menghindari konsumsi alcohol sebelum tidur
Alcohol dapat mengendurkan otot-otot tenggorokan sehingga menyebabkan mendengkur. Coba untuk tidak mengkonsumsi alcohol minimal 2 jam sebelum tidur.
Hindari mengonsumsi obat sedatif sebelum tidur
Menghentikan penggunaan obat penenang sebelum tidur dapat mengurangi mendengkur.
Berhenti merokok
Merokok adalah kebiasaan yang tidak sehat dan bisa memperburuk dengkuran. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan terapi untuk menghentikan kecanduan terhadap rokok.
Memiliki lama tidur yang sesuai dan berkualitas.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

Healthline. (2017, 07 Agustus). 15 Remedies That Will Stop Snoring. Diperoleh 29 November 2017 dari: https://www.healthline.com/health/snoring-remedies
Mayo Clinic. (2015, 26 September). Snoring. Diperoleh 29 November 2017 dari: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/snoring/basics/complications/con-20031874
WebMD. (2012, 16 Februari). 7 Easy Fixes for Snoring. Diperoleh 29 November 2017 dari: https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/easy-snoring-remedies#3