Bagaimana Cara Mengatasi Bibir Kering?
Bagaimana Cara Mengatasi Bibir Kering?

Bagaimana Cara Mengatasi Bibir Kering?

Diposting pada

BAGAIMANA CARA MENGATASI BIBIR KERING?

Memilih pelembab bibir yang memiliki kandungan emolien tinggi sehingga dapat bertahan lama untuk menjaga kelembapan bibir dapat membantu mengatasi bibir kering.

Bibir pecah-pecah pada umumnya disebabkan oleh cuaca dingin dan kering. Banyak hal dapat menjadi penyebab terjadinya bibir pecah. Salah satu penyebab bibir kering adalah karena tubuh kekurangan asupan cairan.

Apakah penyebab dari bibir pecah-pecah?
Bibir pecah-pecah atau dalam bahasa medis cheilitis dapat disebabkan oleh berbagai kondisi seperti paparan angin, udara dingin, dan sinar matahari. Penyebab lain dari kondisi ini adalah reaksi dari obat-obat tertentu, penyakit kulit, dan kondisi lainnya.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi bibir kering atau pecah-pecah:

Menggunakan pelembab bibir
Pilih pelembab bibir yang memiliki kandungan emolien tinggi sehingga dapat bertahan lama untuk menjaga kelembapan bibir.
Gunakan pelembab bibir sesering mungkin
Apapun jenis produk pelembab bibir, sebaiknya perlu digunakan sebelum menggunakan lipstick. Gunakan pelembab bibir sesering mungkin terutama pada siang hari. Selalu bawa pelembab bibir dalam tas agar lebih mudah ketika ingin menggunakan.
Lindungi bibir ketika berada diluar ruangan dengan menggunakan masker ketika sedang berkendara motor atau sepeda.
Batasi interaksi dengan iritan atau alergen seperti kosmetik atau produk perawatan kulit.
Bernafas dengan menggunakan hidung karena bernafas menggunakan mulut dapat menyebabkan bibir menjadi kering.
Bibir kering yang disebabkan karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi dapat diatasi dengan beberapa langkah, seperti:
Mengkonsumsi air putih secukupnya untuk mengatasi dehidrasi yang menyebabkan terjadinya bibir pecah-pecah.
Hindari menjilat bibir karena air liur saat sudah kering menyebabkan bibir membutuhkan lebih banyak uap air. Gunakan pelembab bibir untuk melembabkan bibir.

Berikut beberapa tips atau langkah yang dapat dilakukan ketika bibir yang kering mengalami pengelupasan:

Jangan mengelupas atau menggigit kulit yang mengeriput. Mengelupas dapat menyebabkan bibir menjadi berdarah, nyeri, memperlambat proses penyembuhan, dan menyebabkan iritasi menjadi lebih parah.
Jaga kulit pada bibir agar tidak terkelupas. Hal ini dapat menyebabkan keparahan pada bibir pecah-pecah. Oleskan pelembab bibir untuk mencegah terkelupasnya bibir.

Konsumsi air putih secukupnya setiap hari dan gunakan pelembab bibir untuk tindakan pencegahan bibir kering.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

Mayo Clinic. (2016, 21 Mei). Chapped Lips: What’s the Best Remedy. Diperoleh 01 Agustus 2017 dari: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/expert-answers/chapped-lips/faq-20057819
WebMD. (2015, 05 Maret). Why are My Lips Chapped. Diperoleh 01 Agustus 2017 dari: http://www.webmd.com/beauty/why-your-lips-are-chapped#2
Medicinenet. (2015, 18 Sepetember). Chapped Lips (Cheilitis) Symptoms and Sign. Diperoleh 01 Agustus 2017 dari: http://www.medicinenet.com/chapped_lips_cheilitis/symptoms.htm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *