Apakah Manfaat Dari Air Kelapa Muda?
Apakah Manfaat Dari Air Kelapa Muda?

Apakah Manfaat Dari Air Kelapa Muda?

Diposting pada

APAKAH MANFAAT DARI AIR KELAPA MUDA?

Kadar kalium yang tinggi pada air kelapa muda dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Banyak minuman berelektrolit yang terbuat dari air kelapa muda atau coconut water. Apakah benar air kelapa muda dapat digunakan sebagai pengganti elektrolit yang hilang atau juga dapat digunakan untuk penetral racun?
Air kelapa muda memiliki rasa manis dan memiliki kandungan gula dan elektrolit. Berbeda dengan santan atau minyak kelapa, air kelapa muda tidak memiliki kandungan lemak.

Apakah manfaat air kelapa muda?
Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak informasi mengenai manfaat air kelapa. Berikut manfaatnya yang sudah diteliti secara ilmiah:

Pengganti elektrolit
Air kelapa muda memiliki kandungan tinggi kalium dan merupakan minuman pengganti elektrolit yang bagus. Air kelapa muda juga mengandung karbohidrat sehingga bagus untuk digunakan atlet.
Menurunkan tekanan darah
Pada tahun 2005 terdapat sebuah penelitian yang menemukan bahwa seseorang yang diberikan air kelapa muda selama dua minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik sebanyak 71% dan tekanan darah diastolik sebanyak 29% dibandingkan dengan yang hanya mengkonsumsi air putih. Kandungan kalium yang tinggi pada air kelapa muda memiliki manfaat mengurangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskular.
Membantu menurunkan kadar kolesterol pada darah.
Membantu proses detoksifikasi
Tubuh memiliki kemampuan alami untuk dapat membersihkan dan detoksifikasi sendiri, jika tubuh memiliki nutrisi yang tepat. Tanpa asupan cairan dan elektrolit yang tepat tubuh akan menumpuk racun pada ginjal dan hati. Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh merasa kelelahan, lekas marah, kebingungan, dan rasa haus yang berlebihan. Gejala dehidrasi terjadi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan racun dari tubuh.
Membantu menurunkan stress dan ketegangan otot
Beberapa elektrolit yang terdapat pada air kelapa muda terutama kalsium dan magnesium dapat membantu menurunkan stress dan ketegangan otot. Selain dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang, kalsium juga dapat membantu mengurangi ketegangan otot termasuk otot jantung. Hal ini dapat membantu menurunkan resiko serangan jantung.
Memiliki kadar kalori yang rendah
Memiliki kadar kalium yang tinggi.
Kalium dapat membantu menjaga cairan dan elektrolit dalam tubuh terutama saat melakukan olahraga. Kalium juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.
Memiliki kandungan cytokinins
Cytokinins memiliki fungsi sebagai antiaging dan mencegah kanker.

Air kelapa muda memiliki banyak sekali manfaat, jadi jangan pernah meremehkan manfaat tumbuhan bagi kesehatan manusia. Dan jangan pernah merusak tumbuhan karena suatu saat kita pasti membutuhkannya.

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber :

Dr. Axe. Is Coconut Water Good For You?. Diperoleh 15 Maret 2017 dari : https://draxe.com/is-coconut-water-good-for-you/
Healthline. (2016, 26 July). 7 Health Benefits of Coconut Water. Diperoleh 15 Maret 2017 dari : http://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-coconut-water
WebMD. (2010). The Truth About Coconut Water. Diperoleh 14 Maret 2017 dari : http://www.webmd.com/food-recipes/features/truth-about-coconut-water#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *