Apakah Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh

APAKAH MANFAAT BUAH NAGA BAGI TUBUH

Buah naga saat ini masih menjadi populer dikalangan masyarakat karena diyakini memiliki banyak manfaat. Sebagai antioksidan adalah manfaat yang paling unggul dari buah naga. Bahas satu per satu yuk manfaat lain dari buah naga.

Buah naga merupakan buah tropis yang diketahui dapat memberikan manfaat kesehatan bagi masyarakat. Buah naga juga disebut sebagai buah mutiara naga karena terdapat bintik-bintik pada daging buahnya. Beberapa manfaat buah naga yang diketahui seperti sebagai anti-penuaan, meningkatkan system kekebalan tubuh, dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Apakah Kandungan Nutrisi Buah Naga?
Buah naga memiliki kandungan rendah kalori sekaligus mengandung vitamin dan mineral yang penting. Dalam 227 gram buah naga akan mengandung:

136 kalori
3 gram protein
29 gram karbohidrat
7 gram serat
Zat besi
Magnesium
Vitamin C
Vitamin E

Buah naga juga memiliki kandungan kimia bermanfaat seperti polifenol, karotenoid dan betacyanin.

Fungsi Buah Naga
Buah naga memiliki banyak fungsi seperti:

Membantu melawan penyakit kronis
Radikal bebas merupakan molekul yang dapat menyebabkan kerusakan sel, peradangan dan penyakit. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan kaya antioksidan seperti buah naga. Antioksidan bekerja dengan menetralisir radikal bebas sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan sel. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan dnegan tinggi antioksidan dapat memabantu mencegah penyakit kronis seperti gangguan jantung, kanker, diabetes dan radang sendi.
Jenis antioksidan kuat yang terdapat dalam buah naga adalah:

Vitamin C
Penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi makanan mengandung tinggi vitamin C dapat menurunkan resiko terjadinya kanker pada bagian kepala dan leher.
Betalain
Karotenoid
Beta karoten dan lycopene merupakan pigmen yang memberi warna pada buah naga. Kandungan karotenoid dapat menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung.

Antioksidan bekerja paling baik saat dikonsumsi secara alami dalam makanan dari pada dalam bentuk tablet atau suplemen. Suplemen antioksidan dibutuhkan konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

Memiliki Kandungan Serat
Kandungan serat dalam buah naga adalah 3 gram. Wanita membutuhkan asupan serat sebanyak 25 gram dan pria sebanyak 38 gram. Pada penelitian menunjukkan dapat memiliki peran mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan menjaga berat badan.

Meningkatkan Kesehatan Usus
Usus merupakan rumah dari triliunan mikroorganisme. Ketidakseimbangan bakteri dalam usus dapat menyebabkan terganggunya kesehatan tubuh. Buah naga mengandung prebiotic yang bermanfaat meningkatkan keseimbangan bakteri baik pada usus. Mengkonsumsi prebiotic secara teratur dapat mengurangi resiko mengalami infeksi pada saluran pencernaan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C dan karotenoid dalam buah naga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Meningkatkan Zat Besi Dalam Tubuh
Zat besi memiliki peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan juga berperan dalam memecah makanan menjadi energi. Buah naga merupakan sumber zat besi yang bagus dan juga mengandung vitamin C yang dapat membantu tubuh menyerap zat besi.

Mencegah Penuaan Dini
Kandungan vitamin C dapat menjaga kulit tetap kencang. Fosfor juga dapat menurunkan resiko penuaan dini.

Sumber:

Draxe. (2016, 12 September). Top 6 Dragon Fruit Benefits, Including Anti-Aging, Heart Health and More. Diperoleh 07 Desember 2018 dari: https://draxe.com/dragon-fruit-benefits/
Healthline. (2018, 23 Mei). 7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet. Diperoleh 07 Desember 2018 dari: https://www.healthline.com/nutrition/dragon-fruit-benefits