Apakah Fungsi Infused Water Bagi Tubuh

APAKAH FUNGSI INFUSED WATER BAGI TUBUH

Larutan infus dapat membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menjaga agar dapat buang air besar secara teratur sehingga terhindar dari sembelit.

Apakah yang dimaksud Infused water atau detox water yang sedang populer dimasyarakat? Infused water diyakini dapat membantu menurunkan berat badan dan membantu mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh.

Apakah yang dimaksud dengan larutan infus?
Larutan infus adalah air putih yang telah dilakukan proses infus dengan buah-buahan segar, sayuran, atau rempah-rempah. Larutan infus dibuat dengan air yang dicampurkan kombinasi potongan buah segar,  sayuran, atau rempah.

Bagaimana cara membuat larutan infus?
Pembuatan larutan infus sangat sederhana dan dapat dibuat dirumah. Campur air dengan potongan buah-buahan, sayuran, atau rempah-rempah. Berikut beberapa kombinasi dari larutan infus yang dapat dibuat:

Timun dan daun mint
Lemon dan jahe
Semangka dan daun mint
Jeruk dan lemon
Apel dan kayu manis

Apakah manfaat dari larutan infus?

Membantu menurunkan berat badan
Larutan infus dapat meningkatkan metabolisme dan energi. Mengkonsumsi air putih dapat membantu menurunkan berat badan dan juga berlaku untuk larutan infus. Salah satu penelitian menemukan bahwa orang dewasa dengan kelebihan berat badan yang meminum air sebanyak 500ml sebelum makan maka dapat menurunkan berat badan sebanyak 40% lebih banyak dari pada yang tidak. Hal ini dapat terjadi karena konsumsi air putih sebelum makan dapat menurunkan tingkat lapar sehingga porsi makan menjadi lebih sedikit.
Membantu menjaga kesehatan pencernaan
Memenuhi kebutuhan cairan penting untuk kesehatan pencernaan dan menjaga agar dapat buang air besar secara teratur. Dehidrasi kronis dapat menyebabkan sembelit sehingga menyebabkan rasa kembung dan lesu. Mengkonsumsi banyak cairan dapat membantu makanan lewat dengan lancar melalui usus dan mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit.
Memperbaiki mood dan meningkatkan energi
Terjadinya dehidrasi ringan dapat mempengaruhi mood, konsentrasi, dan tingkat energi. Penelitian telah menunjukkan bahwa terjadinya dehidrasi sekita 1% dapat menurunkan mood secara signifikan, mengurangi tingkat konsentrasi, dan menyebabkan sakit kepala.

Mitos dan fakta tentang larutan infus
Berikut mitos dan fakta tentang larutan infus:
Larutan infus dapat berfungsi untuk mengeluarkan racun dari tubuh
Fakta: Belum ada penelitian yang menyatakan bahwa larutan infus dapat membantu mengeluarkan racun. Tubuh telah memiliki system untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Larutan infus dapat menyeimbangkan ph pada tubuh
Fakta: Mitos atau teori tersebut belum didukung oleh ilmu pengetahuan atau penelitian tertentu karena tidak mungkin dapat merubah ph darah atau sel dalam tubuh melalui makanan yang dikonsumsi.

Sumber:

Healthline. (2016, 19 Juni). Detox Water Health Benefits and Myths. Diperoleh 24 Oktober 2017 dari: https://www.healthline.com/nutrition/detox-water-101#section1
Mayo Clinic. (2015, 17 mei). Do detox Diets Offer Any Health Benefits. Diperoleh 24 Oktober 2017 dari: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/detox-diets/faq-20058040