Apakah Fungsi Glukosamin?

APAKAH FUNGSI GLUKOSAMIN?

Glukosamin merupakan salah satu suplemen tambahan yang umum digunakan oleh beberapa orang yang mengalami keluhan nyeri pada lutut yang diyakini dapat membantu memulihkan permasalahan sendi yang menyebabkan nyeri pada lutut.

Glukosamin merupakan salah satu suplemen tambahan yang umum digunakan oleh beberapa orang yang mengalami keluhan nyeri pada lutut yang diyakini dapat membantu memulihkan permasalahan sendi yang menyebabkan nyeri pada lutut.

Sebetulnya Glukosamin secara alami dibentuk oleh tubuh yang berperan pada pembentukan tulang rawan. Tulang rawan berperan sebagai bantalan diantara tulang dan sendi. Berdasarkan penelitian dan bukti pendukung menunjukkan glukosamin dapat digunakan untuk pengobatan osteoarthritis pada lutut dengan membantu menguatkan tulang rawan. Glukosamin sering dikonsumsi bersamaan dengan chondroitin dapat membantu mengurangi dosis obat-obat untuk pereda nyeri.

Apakah fungsi dari glukosamin?
Umumnya seseorang mengkonsumsi glukosamin dan chondroitin secara bersamaan atau sendiri untuk mengatasi osteoarthritis. Namun pada penelitian menunjukkan glukosamin dan chondroitin untuk osteoarthritis pada pinggul atau lutut tidak menunjukkan bahwa suplemen ini dapat memperlambat kerusakan sendi atau mengurangi rasa sakit.

Apakah glukosamin aman dikonsumsi?
Umumnya glukosamin dan chondroitin aman dikonsumsi secara bersamaan atau sendiri. Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan glucosamin dan chondroitin jika memiliki alergi terhadap makanan laut. Glucosamin dan chondroitin dibentuk dari hewan-hewan laut seperti udang, kepiting dan kerang.

Perlu tetap diingat bahwa glucosamin sama seperti obat-obatan atau vitamin yang lain. Berikut beberapa yang perlu tetap diperhatikan:

Suplemen makanan dapat menyebabkan efek samping, memicu reaksi alergi, atau dapat mempengaruhi kerja obat-obatan yang dikonsumsi atau suplemen yang lain. efek samping atau interaksi dengan obat atau suplemen lain dapat membuat kondisi kesehatan memburuk. Berkonsultasilah dengan dokter atau apoteker sebelum mengkonsumsi glukosamin.
Gunakan atau konsumsi suplemen makanan yang telah memiliki standarisasi dan ijin dari BPOM. Kualitas dan efek samping dari suplemen tidak dapat diketahui atau terjamin jika tidak memiliki standarisasi dan ijin dari BPOM.
Suplemen atau obat konvensional memiliki kemungkinan efek samping dalam jangka panjang penggunaannya.

Apakah glukosamin aman untuk penderita diabetes melitus?
Hal ini masih menjadi perdebatan tentang glukosamin dapat mempengaruhi kerja insulin atau kadar gula dalam darah. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengkonsumsi glukosamin. Jika memang glukosamin dapat dikonsumsi maka perlu memantau kadar gula darah secara berkala.

Berkonsultasilah dengan apoteker atau dokter sebelum mengkonsumsi suplemen atau vitamin tambahan agar dpaat disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

   1. 
   2. 

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

Mayo Clinic. (2013, 01 November). Glucosamine: Background. Diperoleh 11 Juli 2017: http://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/glucosamine/background/hrb-20059572
WebMD. Glucosamine and Chondroitin. Diperoleh 11 Juli 2017 dari: http://www.webmd.com/arthritis/tc/glucosamine-and-chondroitin-topic-overview