Amankah Membersihkan Telinga Setiap Hari?
Amankah Membersihkan Telinga Setiap Hari?

Amankah Membersihkan Telinga Setiap Hari?

Diposting pada

AMANKAH MEMBERSIHKAN TELINGA SETIAP HARI?

Kotoran pada telinga memilki fungsi sebagai pelumas dan mencegah masuknya bakteri kedalam telinga. Membersihkan telinga setiap hari dapat menyebabkan telinga menjadi gatal, kering dan mudah terinfeksi kuman.

Setiap orang memiliki keinginan untuk menjaga kebersihan tubuh termasuk telinga. Namun salah dalam cara merawat kebersihan telinga dapat melemahkan kemampuan pendengaran. Telinga merupakan bagian tubuh yang halus dan rumit mulai dari saluran telinga hingga gendang telinga.

Kotoran telinga merupakan hasil dari kelenjar dikulit yang melapisi sebagian saluran telinga. Kotoran telinga memiliki fungsi untuk mencegah bakteri masuk kedalam telinga dan sebagai pelumas. Jika telinga tidak memiliki kotoran telinga akan menjadi kering dan akan timbul rasa gatal pada telinga. Kotoran telinga akan dapat hilang dengan sendirinya ketika terjadi gerakan rahang saat mengunyah.

Kotoran telinga hanya terbentuk diluar telinga sampai sepertiga saluran telinga. Bagian dalam hingga gendang telinga tidak menghasilkan kotoran. Beberapa orang mengalami penyumbatan pada gendang telinga biasanya disebabkan karena penggunaan kapas dan jepit. Cara paling aman untuk menghilangkan penumpukan kotoran pada telinga adalah dengan mengunjungi dokter.

Untuk membersihkan kotoran telinga di rumah dapat dilakukan beberapa langkah berikut :

Menggunakan kain yang lembab
Gunakan kain atau kapas yang lembab pada bagian luar telinga saja. Menggunakan kapas untuk membersihkan bagian dalam telinga dapat menyebabkan kotoran masuk lebih dalam.
Menggunakan penghancur kotoran telinga
Beberapa apotek menyediakan obat tetes telinga untuk menghancurkan kotoran pada telinga, yang berisi mineral oil, baby oil, glyserin, peroksida, hidrogen peroksida. Berkonsultasilah dengan Apoteker untuk cara penggunaan.
Menggunakan larutan garam
Membilas bagian liang telinga dengan menggunakan air atau larutan garam. Gunakan air hangat untuk membasuh telinga.

Kapan harus membersihkan telinga?
Dalam kondisi yang ideal, tidak diperlukan membersihkan saluran telinga. Namun hal ini tidak selalu terjadi. Telinga harus dibersihkan ketika kotoran telinga terakumulasi sehingga menyebabkan beberapa gejala, seperti :

Nyeri pada telinga
Telinga terasa penuh
Gangguan pendengaran parsial
Terdapat bunyi dengung pada telinga
Telinga gatal dan bau

Membersihkan telinga setiap hari bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan karena telinga membutuhkan kotoran untuk mencegah infeksi dan menjaga agar telinga tetap basah. Berkonsultasilah dengan dokter 1-2 kali dalam setahun untuk pemeriksaan rutin dan membersihkan telinga.

 

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami.
Kunjungi juga akun Instagram @vivahealthindonesia, Fanpage VivaHealthIndonesia dan Twitter@vivahealthID untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

 

Sumber :

Mayo Clinic. (2015, 24 Maret). Earwax Blockage. Diperoleh 03 februari 2017 dari : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/earwax-blockage/basics/definition/con-20018904
American Academy of Otolaryngology- Head Neck Surgery. Diperoleh 03 Februari 2017 dari : http://www.entnet.org/content/earwax-and-care

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *