5 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan

5 MANFAAT YOGA BAGI KESEHATAN

Memberi efek menenangkan dan mengurangi stress adalah salah satu keunggulan yoga sehingga menjadi trend baru yang positif dikalangan masyarakat. Banyak manfaat lain yang diketahui bisa didapatkan dengan melakukan yoga rutin.

Yoga bukan hanya olahraga untuk membakar kalori dan membentuk otot. Yoga dapat melatih kekuatan tubuh, mengatur pernafasan dan meditasi atau relaksasi pikiran.
Terdapat bermacam-macam jenis yoga, berikut adalah contohnya:

Hatha. Jenis yoga paling sering dilakukan yaitu dengan menggabungkan serangkaian gerakan dasar dengan pernafasan.
Vinyasa. Jenis yoga dengan serangkaian gerakan mengalir.
Power. Jenis yoga yang ditujukan untuk pembentukan otot sehingga gerakan yang dilakukan lebih cepat dan memiliki intensitas lebih tinggi.
Ashtanga. Serangkaian gerakan yoga yang dikombinasikan dengan teknik pernafasan khusus.
Bikram. Terdapat 26 gerakan yoga yang menantang dan dilakukan diruangan dengan suhu tinggi.
Iyengar. Jenis yoga dengan menggunakan alat peraga seperti balok, tali pengikat dan kursi untuk membantu menggerakan tubuh ke posisi yang benar.

Apakah manfaat yoga bagi fisik dan mental?
Melakukan yoga secara rutin dapat memberikan manfaat bagi mental dan fisik seseorang. Beberapa manfaat juga sudah diakui dan memiliki dasar ilmu.
Menurunkan Tingkat Stress
Manfaat yoga ini sangat dikenal karena terbukti mampu untuk meredakan stress dan meningkatkan relaksasi pikiran. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa yoga dapat menurunkan produksi hormon kortisol yang merupakan hormon stress. Selain itu yoga juga terbukti dapat menurunkan tingkat stress, kecemasa, kelelahan dan depresi pada seseorang. Dengan manfaat ini, yoga mampu meningkatkan kesehatan mental kita, terlebih jika dibarengi dengan metode lain untuk mengurangi stress.

Meredakan Kecemasan
Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa yoga dapat membantu mengurangi kecemasan. Pada suatu penelitian bahkan menemukan bahwa seseorang dengan PTSD atau gangguan stress setelah mengalami trauma pada suatu peristiwa mengalami penurunan tingkat kegelisahan setelah 10 minggu melakukan yoga secara rutin.

Mengurangi Peradangan
Selain meningkatkan kesehatan mental, beberapa penelitian menunjukkan bahwa melakukan yoga dapat mengurangi peradangan. Melalui temuan tersebut dapat menunjukkan bahwa yoga dapat mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh peradangan kronis.

Meredakan Nyeri Kronis
Rasa nyeri kronis adalah kondisi dimana terdapat masalah pada tubuh sehingga menyebabkan rasa nyeri terus menerus, umumnya disebabkan oleh cedera atau arthritis. Terdapat banyak penelitian yang menemukan bahwa melakukan yoga secara teratur dapat membantu mengurangi banyak jenis nyeri kronis. Pada penelitian tahun 2005 menemukan bahwa yoga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi tubuh pada orang dengan osteoartritis lutut.

Meningkatkan Kualitas Tidur
Penelitian menunjukkan bahwa melakukan yoga sebagai rutinitas dapat membantu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Pada penelitian bahkan menemukan bahwa orang yang rutin melakukan yoga dapat mengurangi kebutuhannya akan obat tidur dan mengalami peningkatan kualitas serta durasi tidur.

Meningkatkan Fleksibilitas dan Keseimbangan
Salah satu manfaat yoga ini telah didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa melakukan rutinitas yoga dapat mengoptimalkan kinerja melalui gerakan yang spesifik untuk meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan.   

 

Sumber:

Healthline. (2017, 30 Agustus). 13 Benefits of Yoga That Are Supported by Science. Diperoleh 14 November 2018 dari: https://www.healthline.com/nutrition/13-benefits-of-yoga#section1
WebMD. (2017, 10 Desember). Yoga. Diperoleh 14 November 2018 dari: https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/yoga-workouts