Waspadai Ini Bahaya Mandi Sesudah Melakukan Olahraga

Diposkan oleh : pada tanggal 26 Oct. 2017 Kategori kesehatan

Mandi adalah salah satu aktivitas yang wajib dilakukan oleh manusia. Manfaat mandi adalah untuk membersihkan kotoran berupa keringat atau zat lainyang menempel di kulit. Akan tetapi bila mandi dilakukan dengan tidak benar dan pada waktu yang tidak dianjurkan maka dapat menyebabkan dampak buruk untuk kesehatan. Waktu yang tidak dianjurkan untuk mandi adalah sesudah olahraga. Bahaya mandi sesudah melakukan olahraga.

Waspadai Ini Bahaya Mandi Sesudah Melakukan Olahraga

Bahaya Mandi Sesudah Melakukan Olahraga

Menurunkan fungsi kelenjar keringat

Mandi sesudah olahraga dapat menyebabkan pori-pori yang bertugas mengeluarkan hawa panas dari tubuh tidak akan bekerja dengan maksimal sehingga akan berdampak pada kondisi dan kinerja kelenjar keringat nantinya.

Penyempitan pembuluh darah

Bahaya mandi sesudah berolahraga adalah bisa mendatangkan beragam gangguan kesehatan yaitu salah satunya penyempitan pembuluh darah. Sebab ketika anda berolahraga maka pori-pori akan membuka untuk mengeluarkan keringat. Bila anda langsung mandi maka dapat menyebabkan menggigil yang merupakan dampak dari pembuluh darah yang menyempit.

Meningkatkan resiko serangan jantung

Mandi setelah olahraga dapat menyebabkan serangan jantung. Hal ini dikarenakan saat olahraga maka tingkat kerja jantung akan meningkat untuk memompa darah ke semua bagian tubuh. Oksigen dalam darah sangat dibutuhkan untuk mensuplai supaya organ bisa bekerja melakukan fungsinya. Hal ini membuat suhu tubuh menjadi meningkat dan bila langsung mani maka jantung akan mengalami shock yang dapat memicu serangan jantung.

Meningkatkan resiko terkena flu

Mandi setelah olahraga atau saat tubuh masih berkeringat dapat menyebabkan tubuh mengalami flu dan demam. Sebab tubuh mengeluarkan suhu yang lebih tinggi sebab olahraga akan membuat kebutuhan asam laktat jadi besar. Proses ini membutuhkan glukosa yang lebih tinggi untuk menjadi sumber tenaga tubuh. Pori-pori yang terbuka lebar pula dapat kembali menyerap bakteri dan virus ketika mandi sehingga tubuh mudah terkena demam dan flu.

Resiko sakit kepala

Selain resiko serangan jantung. Mandi setelah olahraga juga juga berisiko sakit kepala. Hal ini terjadi saat tubuh masih membutuhkan waktu untuk menurunkan suhu dan langsung melakukan mandi perubahan menjadi respon yang mengejutkan untuk tubuh. Rasa sakit kepala pun dapat disertai dengan tubuh yang menggigil.

Resiko terkena nyeri sendi dan rematik

Mandi sesudah berolahraga juga dapat berisiko terkena nyeri sendi dan rematik. Hal ini terkadi ketika tubuh yang seharusnya mengeluarkan keringat sampai suhu tubuh normal tapi terhambat oleh air mandi. Dampaknya maka akan terasa sampai ke bagian tulang dan sendi tubuh. Bagi penderita osteoporosis maka efeknya dapat menjadi lebih buruk.

Tips aman mandi sesudah berolahraga

  • Lakukan peregangan dan pendinginan sesudah olahraga sebelum mandi.
  • Berikan jeda sebelum melakukan mandi sampai keringat mengering.
  • Bila anda dalam kondisi fit maka mandilah dengan air dingin
  • Bila tubuh tidak dalam kondisi fit sebaiknya mandi menggunakan air hangat dan tidka berlama-lama berinteraksi dengan air.

Itulah bahaya mandi sesudah beolahraga. Bila memang anda ingin mandi setelah olahraga maka ikuti tips diatas.

Waspadai Ini Bahaya Mandi Sesudah Melakukan Olahraga Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mandi adalah salah satu aktivitas yang wajib dilakukan oleh manusia. Manfaat mandi adalah untuk membersihkan kotoran berupa keringat atau zat lainyang menempel di kulit. Akan tetapi bila mandi dilakukan dengan tidak benar dan pada...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *