Waspadai ! Bahaya Memberi Makan Bayi Sebelum 6 Bulan

Diposkan oleh : pada tanggal 21 Sep. 2017 Kategori Anak dan Kehamilan

Bahaya memberi makan bayi sebelum 6 bulan sangat penting untuk diketahui oleh ibu menyusui yang memiliki buah hati yang berusia dibawah 6 bulan. Bagi anda yang memiliki buah hati usia dibawah 6 bulan dan anda ingin memberinya makan, sebaiknya pertimbangkan lagi. Karena bila anda memberi makan pada bayi anda sebelum 6 bulan maka dapat berbahaya bagi bayi anda.

Waspadai ! Bahaya Memberi Makan Bayi Sebelum 6 Bulan

Alasan mengapa tidak boleh memberi makan pad abayi sebelum usia 6 bulan karena pencernaan bayi belum siap, gerakan reflek pada lidah bayi. koordinasi lidan dan mekanisme menelan belum sempurna, dan bayi belum tumbuh gigi.

Bahaya Memberi Makan Bayi Sebelum 6 Bulan

Perut kembung

Bahaya memberi makan bayi sebelum 6 bulan yaitu dapat menyebabkan perut kembung pada bayi. Hal ini dikarenakan jaringan pencernaan yang belum terbentuk sempurna membuat pencernaan belum bisa mencerna makanan dengan baik. Makanan yang akan mengalami proses penghancuran yang lambat dan membuat perut kembung pada bayi dan nyeri.

Sembelit

Selain kembung, bahaya memberi makanan pad abayi sebelum usia 6 bulan yaitu menyebabkan sembelit. Bayi akan merasa kesulitan buang air besar sebab belum ada enzim lipase, amilase, dan enzim lainnya yang mempermudah penghancuran dan pembakaran lemak yang bermanfaat melancarkan buang air besar.

Menyebabkan alergi makanan

Pada beberapa bayi mempunyai tubuh yang tidak dapat menerima zat yabg terkandung pada makanan yang menyebabkan daya tahan tubuhnya yang belim sempurna makin menurun dan menimbulkan reaksi alergi berupa ruam-ruam kemerahan.

Diare

Memberikan makanan pendukung ASI pada bayi sebelum 6 bulan beresiko mengalami masalah diare. Kondisi ini bisa merangsang masuknya bakteri atau kuman melalui peralatan makanan yang tidak steril atau karena ada radikal bebas yang tidak sengaja masuk pada makanan. Ini akan mengakibatkan bayi mengalami masalah diare, perut kembung, masuk angin dan lain-lain.

Itulah beberapa bahaya memberikan makanan bayi sebelum 6 bulan. Memang beberapa puluh tahun lalu nanyak bayi telah diberikan makanan sebelum usia bayi 6 bulan dan tidak mengalami masalah apapun pada organ tubuhnya. Tapi, saat ini pertumbuhan erta perkembangan makanan yang diproduksi telah mengalami perubahan dari segi bahan dasar pembuatannya, cara pengolahannnya, adanya campuran zat lain serta bahan pengawet. Termasuk perubahan iklim yang berbeda dengan iklim zaman dahulu, juga sangat mempengaruhi kondisi bayi saat ini yang menyebabkan tidak cocok untuk pencernaan bayi di zaman sekarang yang usianya dibawah 6 bulan.

Terimakasih telah mengunjungi website tips sehat online. Baca juga artikel lainnya:

Bahaya Menggunakan Behel Gigi Secara Sembarangan

Waspadai ! Bahaya Memberi Makan Bayi Sebelum 6 Bulan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bahaya memberi makan bayi sebelum 6 bulan sangat penting untuk diketahui oleh ibu menyusui yang memiliki buah hati yang berusia dibawah 6 bulan. Bagi anda yang memiliki buah hati usia dibawah 6 bulan dan...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *