Waspada, Sering Menguap Diakibatkan Adanya Gangguan Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 2 Jun. 2015 Kategori Gaya Hidup Sehat

Menguap adalah tindakan refleks dari kegiatan menghirup udara dan peregangan di gendang telinga yang diiktui oleh kegiatan menghembuskan napas. Mengupa atau dalam bahasa medis disebut dengan brainstem-mediated bodily response, kerap terjadi saat kita mengikuti rapat atau seminar yang mungkin sedikit membosankan. Menguap dapat terjadi saat tubuh merasa lelah atau bosan.

menguapMenurut Dr. Linda Friedland, pakar kesehatan dan penulis dari the Ultimate Guide to Family Health. “Satu spekulasi yang beredar adalah bahwa saat tubuh kelebihan karbondioksida, maka anda akan menguap untuk medapatkan oksigen lebih banyak”. Spekulasi lainnya, tubuh akan menguap untuk mengurangi ketegangan otot.

Menguap adalah hal yang wajar dan bersifat alami. Namun, bila menguap terlalu sering dan berlebihan, bisa jadi itu merupakan pertanda masalah medis yang serius. Disebut menguap berlebihan jika dalam waktu 1 menit seseorang menguap hingga sebanyak 4 kali.

Sering Menguap Bisa Terjadi Diakibatkan Adanya Gangguan Kesehatan

Berikut dibawah ini beberapa gangguan kesehatan yang mungkin dapat membuat anda sering menguap.

Gangguan Tidur

Menguap adalah suatu respon alami ketika tubuh merasa lelah. Namun, menurut NAtional Institutes Of Health, hika menguap terlalu sering itu mungkin tanda adanya gangguan tidur, seperti insomnia, sleep apnea dan narkolepsi. Kondisi ini dapat menghambat anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan menyebabkan lelah di siang hari, sehingga sulit untuk berkonsentrasi.

Menguap berlebihan yang disebabkan oleh gangguan tidur dapat diatasi dengan beristirahat yang cukup.

Kelainan Irama Jantung

Jika pasokan darah dan oksigen ke otak tidak cukup, anda dapat mengalami pingsan yang disebut syncope. Kondisi ini bisa menjadi kondisi sementara yang terjadi ketika anda berdiri terlalu lama, berdiri terlalu cepat, dalam keadaan stres atau tidak enak badan. Namun, juga dapat berarti bahwa anda memiliki masalah jantung.

Disesksi Aorta

Diseksi aorta merupakan robeknya dinding aorta yaitu arteri utama yang membawa darah dari jantung. Kondisi ini bisa diwariskan atau bisa karena penyakit seperti tekanan darah tinggi dan penyakit arteri koroner yang keduanya menempatkan ketegangan pada dinding arteri.

Kondisi seperti ini dapat menyebabkan napas pendek dan lelah yang dapat berkonstribusi pada menguap yang berlebihan. Jika anda menguap berlebihan diserta dengan kesulitan bernapas, berkeringat, denyut nadi tidak teratur, nyeri dada atau tanda-tanda peringatan lain dari serangan jantung atau stroke, anda harus mencari perhatian medis.

Tekanan darah rendah

Tinggi atau rendahnya tekanan darah dan kelainan irama jantung juga dapat membatasi aliran dalam darah ke otak. Dengan kondisi lain, jika otak anda tidak mendapatkan darah dan oksigen yang dibutuhkan. Anda dapat mengembangkan gejala-gejala seperti menguap berlebihan. Orang yang memiliki tekanan darah rendah biasanya sering menguap, cepat pusing dan lelah.

Kelelahan yang Teramat Sangat

Kurangnya jam tidur juga turut berkontribusi terhadap sering atau tidaknya menguap, terutama pada jam kerja. Kurang tidur dapapt mengurangi kemampuan tubuh untuk memulihkan diri dan sebagai dampaknya anda akan mengalami kelelahan dan menguap lebih sering dari biasanya.

| Sering Menguap Diakibatkan Adanya Gangguan Kesehatan

Artikel Terkait
Tips Sehat Online
Penyakit Hemofilia

Waspada, Sering Menguap Diakibatkan Adanya Gangguan Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Menguap adalah tindakan refleks dari kegiatan menghirup udara dan peregangan di gendang telinga yang diiktui oleh kegiatan menghembuskan napas. Mengupa atau dalam bahasa medis disebut dengan brainstem-mediated bodily response, kerap terjadi saat kita mengikuti...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *