Waspada 6 Jenis Penyakit yang Bikin Wanita Mati Muda

Diposkan oleh : pada tanggal 24 Jun. 2016 Kategori Gaya Hidup Sehat

Tips sehat – Secara umum yang menentukan kualitas hidup seseorang yaitu dengan gaya hidup mereka sendiri. Namun, zaman sekarang ini, tidak sedikit orang yang salah dalam menjalankan pola hidup mereka, seperti, terlalu sering makan makanan cepat saji, mie instan, malas berolahraga, dll. Hal inilah yang menjadi faktor risiko seseorang mudah terkena penyakit.

Selain pola hidup yang tidak benar, pola makan yang tidak teratur pun menjadi pemicu wanita berisiko terkena berbagai penyakit yang bahkan menyebabkan kematian dini. Penyakit apa saja? Berikut dibawah ini akan kami jelaskan mengenai 6 jenis penyakit yang bikin wanita mati muda.

6 Jenis Penyakit yang Bikin Wanita Mati Muda

6 jenis penyakit yang bikin wanita mati muda

Dikutip dari laman sheknows, Sabtu 20-10-2012, ada 6 jenis penyakit yang bisa bikin wanita mati muda, diantaranya yaitu:

Kanker payudara

Tahukah Anda bahwa kanker payudara menjadi penyebab utama kedua kematian bagi wanita. Pada tahap awal, penyakit ini tidak menimbulkan rasa sakit, sehingga Anda tidak dapat mengenali kanker payudara lebih dini tanpa kontrol teratur oleh dokter.

Menurut American Cancer Society, faktor risiko utama kanker payudara pada wanita antara lain bertambahnya usia, gen, riwayat keluarga, ras,tidak hamil atau melahirkan, obesitas, dan konsumsi alkohol.

Untuk mencegah terjadinya penyakit kanker payudara, disarankan untuk menghindari rokok, minuman alkohol, menjaga berat badan, makan makanan sehat, menyusui, periksakan secara rutin ke dokter.

Gangguan pernapasan

Berdasarkan data adri National Center for Health Statistics, jumlah wanita yang mengidap gangguan pernapasan kronis meningkat sejak tahun 1990an dan angka kematian akibat gangguan pernapasan pada wanita pun sangat tinggi.

Gangguan pernapasan seperti asma, sebagian besar bersifat genetik atau keturunan. Namun, emfisema yang sering disebabkan oleh kebiasaan merokok dapat dicegah atau dikendalikan dengan cara berhenti merokok. Selain itu, batasi ekspos terhadap polutan dalam ruangan maupun luar ruangan, seperti polusi udara, asap rokok atau debu jalanan untuk mencegah berkembangnya gangguan pernapasan.

Stroke

Tahukah Anda bahwa stroke merupakan penyebab kematian pada wanita yang menduduki peringkat ke 3 di dunia. Stroke terjadi akibat adanya penyumbatan arteri atau aneurisma. Gejalanya berupa mati rasa secara tiba-tiba pada wajah atau tubuh, kesulitan bergerak, gangguan penglihatan, sakit kepala, nyeri dada, cegukan mendadak, sesak napas.

Stroke dapat terjadi pada wanita dengan berbagai usia, gaya hidup seperti pola makan yang buruk, tekanan darah tinggi dan kurangnya olahraga menjadi penyebab stroke.

Para ahli percaya bahwa 80 persen dari stroke dapat dicegah dengan selalu memantau tekanan darah, rutin mendapatkan tes diabetes, olahraga, dan menghindari rokok.

Diabetes tipe 2

Jenis diabetes ini disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat. Diabetes tipe 2 mempengaruhi tubuh dalam memanfaatkan gula darah, atau glukosa. Apabila tidak terkontrol, akibatnya akan menyebabkan penyakit jantung, gangguan penglihatan, kerusakan saraf dan komplikasi lain bahkan kematian.

Untuk menghindari penyakit stroke, sebaiknya olahraga teratur, selektif dalam memilih makanan. Baca juga Obat Diabetes

Penyakit jantung

Menurut Mayo Clinic, gejala-gejala penyakit jantung pada wanita sangat khas dan kadang meleset dari diagnosa dokter. Faktor risiko penyakit jantung pada wanita adalah obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kebiasaan merokok, dan riwayat keluarga.

Cara mencegah penyakit jantung diantaranya yaitu pertahankan berat badan tetap sehat, olahraga teratur, hindari alkohol dan rokok, makan makanan sehat, kontrol tekanan darah, periksakan ke dokter.

Depresi

Wanita lebih mudah mengalami gangguan depresi daripada pria. Meskipun alasan yang mendasarinya belum diketahui secara pasti, tetapi para ahli percaya bahwa perubahan hormon setelah melahirkan dan selama menopause dapat memicu kondisi depresi. Pengobatannya, Anda bisa melakukan terapi psikologis secara teratur.

Baca Juga: 5 Perubahan Warna Urin yang Bisa Deteksi Penyakit

Itulah 6 jenis penyakit yang bisa mengintai wanita kapan saja. Maka dari itu, tetaplah untuk selalu menjaga pola hidup serta pola makan sehat Anda untuk mendapatkan kualitas hidup lebih baik. Terimakasih, semoga bermanfaat dan selalu diberikan kesehatan. Aamiin

| Waspada 6 Jenis Penyakit yang Bikin Wanita Mati Muda

Waspada 6 Jenis Penyakit yang Bikin Wanita Mati Muda Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips sehat – Secara umum yang menentukan kualitas hidup seseorang yaitu dengan gaya hidup mereka sendiri. Namun, zaman sekarang ini, tidak sedikit orang yang salah dalam menjalankan pola hidup mereka, seperti, terlalu sering makan...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *