Waktu Yang Tepat Untuk Melepas Jahitan Luka Operasi

Diposkan oleh : pada tanggal 17 Jul. 2017 Kategori Tips Sehat

Sebagian luka gores ataupun luka sayat kecil dapat sembuh dengan sendirinya. Hanya dengan perlu menjaga luka tersebut tetap bersih dan tidak terkena kotoran/debu, atau hal lainnya yang dpat menyebabkan infeksi. Akan tetapi, berbeda dengan luka kulit yang terbuka, seperti misalnya luka tusuk akibat senjata tajam, kecelakaan kendaraan bermotor, luka tembak, atau luka-luka lainnya yang harus diatasi melalui prosedur operasi. Jenis trauma dari luka ini akan menjadi serius, dan memerlukan luka jahitan untuk membantu penyembuhan lukanya. Namun, banyak orang yang masih mempertanyakan sebaiknya kapan Waktu Yang Tepat Untuk Melepas Jahitan Luka Operasi?

Waktu Yang Tepat Untuk Melepas Jahitan Luka Operasi

Kapan waktu yang tepat saat melepas jahitan bekas operasi tergantung pada kondisi luka jahitan itu sendiri. Jika kedua sisi jaringan yang ditautkan sudah melekat cukup kuat dan pulih dengan baik tanpa adanya tanda-tanda infeksi, maka jahitan boleh dilepas. Jika jahitan dibuka terlalu dini, bisa menyebabkan luka terbuka kembali dan berpotensi menyebabkan infeksi, atau jaringan parut bisa timbul lebih buruk.

Berapa lama suatu jahitan dapat dilepas, juga tergantung dari lokasi jahitannya. Jika luka jahitan di persendian lutut atau lengan akan perlu dibiarkan lebih lama daripada jahitan di wajah atau paha, karena kulit di persendian hampir selalu mengalami tekanan setiap kali menekuk dan memanjang untuk beraktivitas (duduk, berdiri, berjalan, mengetik, menggenggam, dan seterusnya).

Berikut adalah panduan umum untuk mengetahui kapan jahitan luka dapat dilepas:

  • Wajah dan kepala: 4-5 hari
  • Leher: 7 hari
  • Lengan dan punggung tangan: 7 hari
  • Kulit kepala, dada, punggung, perut, kaki (paha, betis): 7-10 hari
  • Telapak tangan, telapak kaki, jari-jari tangan atau kaki: 12-14 hari
  • Persendian (lutut atau siku): 10-14 hari
  • Operasi caesar: 4-7 hari (jahitan episiotomi vagina biasanya akan lebur sendiri dalam beberapa minggu, jadi tidak perlu dilepas)
  • Konsultasikan dengan dokter tepatnya berapa lama Anda harus menunggu sebelum melepaskan jahitan luka Anda. Selama menunggu, jaga agar area jahitan tetap bersih dan kering. Bersihkan area luka secara berkala, dan ganti perban luka dengan yang baru jika sudah terlihat kotor. Jika akan mengganti balutan luka, pastikan Anda cuci tangan terlebih dahulu.

Perhatikan juga tanda-tanda infeksi di sekitar jahitan, seperti pembengkakan, merah, bernanah, atau area kulit yang terasa panas. Jika timbul gejala-gejala ini, tandanya jahitan Anda belum boleh dibuka.

Semoga bermanfaat.

Posted by Hani H.

Waktu Yang Tepat Untuk Melepas Jahitan Luka Operasi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sebagian luka gores ataupun luka sayat kecil dapat sembuh dengan sendirinya. Hanya dengan perlu menjaga luka tersebut tetap bersih dan tidak terkena kotoran/debu, atau hal lainnya yang dpat menyebabkan infeksi. Akan tetapi, berbeda dengan...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *