Waktu Tepat Konsumsi Ragam Jenis Minuman

Diposkan oleh : pada tanggal 23 Mar. 2015 Kategori Minuman Sehat

Waktu Tepat Konsumsi Ragam Jenis Minuman,- Pernahkah anda berpikir kapan waktu yang baik untuk mengkonsumsi air putih, jus, teh, kopi, dan minuman lainnya ? Mungkin yang anda pikirkan hanyalah ketika cuaca cerah, anda ingin minum jus, dan ketika cuaca dingin anda ingin kopi atau teh manis hangat. Namun apakah anda tahu bahwa setiap jenis minuman yang anda konsumsi tersebut memiliki waktu tepat untuk dikonsumsi ? Simak penjelasannya berikut ini

Waktu yang Tepat Mengkonsumsi Beragam Minuman

 

Air Putih

air putih

Minumlah air putih saat anda :

  1. Kelelahan, sakit kepala, atau sedikit kesal. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, partisipan yang mengalami dehidrasi lebih dari 1% moodnya menurun, konsentrasi lebih rendah dan mengalami sakit kepala. Hal ini dikarenakan saraf-saraf tertentu dapat mendeteksi terjadinya dehidrasi dan memberi sinyal pada otak untuk mengatur mood serta fungsi kognitif.
  2. Diet. Para peneliti dari The American Chemical Society menemukan bahwa pelaku diet yang minum air putih sebelum makan 3x sehari selama lebih dari 12 minggu, berat badannya berkurang 5 pon.
  3. Latihan kurang dari 90 menit. Aktivitas fisik yang dilakukan selama 90 menit atau kurang akan mengeluarkan keringat. Yang anda perlukan adalah minum air putih untuk rehidrasi atau membantu melumasi persendian serta memberi bantalan bagi organ dalam tubuh dan otot.

Teh Hitam

teh hitam

Minumlah teh, saat anda :

  • Saat anda ingin mengurangi konsumsi kafein, mulailah dengan mengkonsumsi teh hitam. Ahli nutrisi menyatakan bahwa teh hitam hanya memiliki 50 mg kafein dalam satu cangkir. Jauh lebih rendah dibandingkan dengan kopi yang mengandung 100 hingga 190 mg per cangkir.
  • Saat mengalami gangguan pada perut. Pengobatan tradisional di China memanfaatkan teh untuk memperbaiki sistem pencernaan dengan menetralisir asam di perut. Minumlah teh oolong untuk membantu sistem pencernaan karena berfungsi sebagai detoksfifikasi. Sementara untuk mengatasi perut yang kurang nyaman, minumlah earl grey tea dicampur dengan jahe.

Jus Buah

jus buah

Minumlah jus bua dari 100% buah asli beberapa jam setelah anda mengkonsumsi makanan tinggi lemak. Jus buah ini bisa membantu menetralisir peradangan yang disebabkan konsumsi lemak berlebihan. Jus jeruk misalnya, bisa menetralisir inflamasi atau membantu mencegah kerusakan pada pembuluh darah.  Namun ada pula yang berpendapat bahwa jus buah sebaiknya dikonsums sebelum makanan utama. Hal ini diperlukan agar pada saat anda minum jus, enzim di mulut dan perut masih banyak tersedia, sheingga jus dapat diproses dengan baik, tidak tercampur dengan makanan lainnya.

Air Lemon

air lemon

Minum setengah gelas air lemon hangat (tanpa gula) di pagi hari sebelum mengkonsumsi makanan apapun. Hal ini akan memberikan anda tenaga listrik yang membuat tubuh lebih segar dan berenergi. Selain itu, berkat kandungan vitamin C yang tinggi, lemon bisa menguatkan sistem imun tubuh dan meluruhkan racun-racun yang masuh ke tubuh karena konsumsi junk food dan paparan polusi. Air lemon yang terbuat dari buah segar dan ditambah dengan sedikit madu bisa mendetoksifikasi dan menyegarkan tubuh. ( wolipop.detik.com )

Mengetahui Waktu Tepat Konsumsi Ragam Jenis Minuman bertujuan agar tubuh bisa mendapatkan manfaat maksimal dari beragam khasiat yang terkandung dalam beragam minuman tersebut.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat 🙂

 

Artikel terkait :

 

 

 

Waktu Tepat Konsumsi Ragam Jenis Minuman Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Waktu Tepat Konsumsi Ragam Jenis Minuman,- Pernahkah anda berpikir kapan waktu yang baik untuk mengkonsumsi air putih, jus, teh, kopi, dan minuman lainnya ? Mungkin yang anda pikirkan hanyalah ketika cuaca cerah, anda ingin...
Minuman Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *