Wajib Tahu! Kenali Ciri Dan Tanda Anak Autis Sejak Dini

Diposkan oleh : pada tanggal 19 Oct. 2017 Kategori kesehatan

Autis adalah salah satu jenis gangguan perkembangan anak yang dapat menyebabkan pengaruh untuk sistem normal syaraf pusat hingga ke otak. Tanda-tanda anak autis bisa dilihat sejak masih kecil yaitu sebelum usia 3 tahun. Bahkan beberapa bayi yang autis sudah terlihat sejak masih sangat kecil.

Ciri Dan Tanda Anak Autis

Kurangnya tingkat kepekaan terhadap sesuatu

Kepekaan tersebut antara lain tidak pernah rewel, tidak ada reaksi ketika orang tua mengelus-ngelus pipi bayi, dan lain-lain. Beberepa bayi biasanya sangat sensitive saat melihat sesuatu. Dan akan bergerak-gerak seakan tidak nyaman terhadap sesuatu. Bila mereka cenderung tidak peka terhadap sesuatu yang mengganggunya, maka anda sebagai orang tua harus cepat bergerak dan konsultasikan pada dokter.

Kemampuan yang terus menurun

Ciri dan tanda anak autis adalah kemampuan anak yang semakin menurun dan tidak ada kemajuan. Bila hal ini terjadi apda anak anda, maka anda sebagai orang tua harus segera bertindak karena jika dibiarkan akan berdampak buruk pada anak.Salah satu dampak buruknya yaitu anak menjadi susah bersosialisasi dengan temannya.

Tidak adanya ekspresi

Ekspresi bayi yang sehat biasanya muncul ketika ia berusia 2 bulan keatas. Bila ia hanya diam saja dengan kontak mata yang kosong, maka segera konsultasikan pada dokter.

Selalu mengulang perilaku yang sama

Tanda-tanda anak autis yaitu anak selalu mengulang perilaku yang sama. Beberapa juga meyakini hal ini sebab kemampuan mereka cenderung terbatas, sehingga hanya melakukan hal-hal yang sama akan tetapi ia tidak sadar kalau ia selalu mengulanginya.

Perkembangan tidak seimbang

Ciri dan tanda anak autis juga adalah perkembangan tidak seimbang. Sebab sistem motorik anak mengalami gangguan sehingga perkembangan otaknya juga tidak dapat berkembang dengan baik.

Mengalami gangguan pada berbicara

Ciri yang paling mudah dikenal dari anak autis yaitu gaya bicaranya. Anak autis mempunyai gaya bicara yang khas yakni kurang bisa mengerti kata-kata yang sering digunakan oleh orang pada umumnya, terlambat dan gagap. Oleh karena itu, bagi anda yang yang merupakan orang normal harus memaklumi dan andalah yang harus belajar bahasa mereka dan memberikan pengetahuan tentang bahasa pada umumnya. Bila perlu ketahui bagaimana cara melatih anak autis bicara lancar.

Tidak suka adanya kontak fisik

Tanda-tanda anak autis yang harus diketahui adalah ia tidak suka adanya kontak fisik. Bila anak autis disentuh, maka ia akan menghindar dan bersembunyi dari orang tersebut terutama dari orang yang tidak dikenal. Bahkan ia tidak suka melakukan pembicaraan sekalipun berbicara mereka tidak akan memandang orang yang menjadi lawan bicaranya tersebut.

Emosi tidak stabil

Banyak orang menganggap bahwa anak autis sebagai penderita gangguan sakit jiwa. Karena anak autis tidak dapat mengontrol dan mengendalikan emosi dan mereka akan meluapkan segala emosinya. Biasanya terjadi pada waktu yang tidak terduga, bahkan dalam situasi apapun seperti tiba-tiba menjerit, menangi, dan terawa tanpa ada sebab yang jelas.

Asik dengan dunianya sendiri

Anak autis tidak menyukai bermain dengan anak lainnya. Karena anak autis selalu mempunyai dunianya sendiri dan hanya ia yang tahu bagaimana cara menikmatai dunianya tersebut.

Menggunakan indera penciuman lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan indera peraba

Anak autis biasanya akan menggunakan indera penciuman lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan indera peraba. Indera penciuman ini dilakukan saat ada benda baru yang dilihatnya. Biasanya kalau anak normal melihat dan meraba bila melihat benda. Sedangkan anak autis akan mencium bahkan memakan benda tersebut sebagai bentuk eksplorasi. Oleh karena itu, anak autis harus diperhatikan khusus karena bahaya bila benda yang ditemukannya adalah benda yang beracun.

Tidak melakukan kontak mata

Selain tidak suka adanya kontak fisik, ciri anak autis yang mudah dikenal ialah tidak melakukan kontak mata dengan orang lain dan penglihatannya akan cenderung ke bawah. Tapi anak autis juga mempunyai keterkaitan lainnya pada beberapa hal seperti cahaya matahari dan benda gemerlap. Anak autis bisa memandangi cahaya matahari dalam waktu yang lama bahkan berjam-jam dan melakukan gerakan yang di ulang-ulang sepeti membuat lingkaran dengan tangannya.

Itulah ciri dna tanda anak autis. Dan tentunya anda harus mengatahui sejak dini tanda-tanda anak autis.

Wajib Tahu! Kenali Ciri Dan Tanda Anak Autis Sejak Dini Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Autis adalah salah satu jenis gangguan perkembangan anak yang dapat menyebabkan pengaruh untuk sistem normal syaraf pusat hingga ke otak. Tanda-tanda anak autis bisa dilihat sejak masih kecil yaitu sebelum usia 3 tahun. Bahkan...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *