Wajib Tahu! Begini Cara Melatih Anak Autis Membaca

Diposkan oleh : pada tanggal 14 Oct. 2017 Kategori tips

Sebelumnya membahas tentang cara melatih anak autis bicara lancar. Dan kali ini akan membahas tentang cara melatih anak autis membaca dan semoga bisa menjadi solusi untuk para orang tua yang ingin mengajarkan membaca pada anak anda yang autis.

Wajib Tahu! Begini Cara Melatih Anak Autis Membaca

“Anak autis membutuhkan proses yang lebih lama dan lambat.” Kalimat itu memang benar namun bukan waktu tolak ukurnya. Mulai sekarng mari kita ubah cara pandang kita terhadap kebutuhan autis pada proses yang panjang tersebut. Bicara proses dengan tahapan-tahapan yang harus diberikan secara perlahan sudah tentu membutuhkan waktu yang panjang tidak mungkin singkat. Mulai sekarang kita singkirkan “autis belajarnya lambat” autis butuh latihan dan latihan. Latihan pada autis harus diberikan dalam bentuk yang sama supaya autis dapat memahami (belajar) dari kebiasaan latihan-latihannya. Latihan-latihan yang menjadi kebiasaan yang sama memungkinkan akan lebih cepat dari yang diduga, anak autis mampu belajar membaca dan menulis sendiri.

Cara Melatih Anak Autis Membaca

Memberikan perintah secara langsung

Cara melatih anak autis membaca adalah memberikan perintah secara langsung. Beri penjelasan pada tahap awal lalu ulangi sekali lagi. Sesuah anak bisa berkonsentrasi maka minta anak untuk mengulangi apa yang telah diajarkan.

Belajar membaca secara berurutan

Cara mengajarkan membaca pada anak autis yaitu dengan teknik belajar secara berurutan. Manfaatnya dapat membantu anak anda supaya bisa fokus pada setiap pelajaran. Kenalkan huruf dari huruf pertama pada anak anda. Lalu kenalkan 5 atau 6 huruf yang berbeda setiap hari, ulangi lagi pada hari berikutnya sehingga anak tidak lupa.

Belajar membaca dengan konsep

Cara melatih membaca pada anak autis adalah mengenalkan konsep. Anda bisa menempelkan huruf atau kata pada gambar. Sehingga anak tidak perlu melihat gambar saja tapi juga melihat huruf.

Belajar di papan tulis

Cara lainnya mengajarkan membaca anak autis adalah belajar di papan tulis. Tulis huruf atau kata atau kalimar di papan tulis, lalu ajarkan anak autis membaca dan mengejanya. Mulailah dari huruf yang sederhana sesuai dengan urutan kemudian ulangi lagi.

Memberi contoh yang jelas

Anak autis berbeda dengan anak yang lain, mereka tidak bisa menerima penjelasan sehingga anda haru memberi contoh dengan jelas. Katakan dengan pelafalan yang jelas, tulis pada papan tulis atau kertas lalu berikan contoh gambar.

Ajarkan anak membaca ketika bepergian

Mengajarkan anak membaca tidak hanya di rumah saja, supaya tidak bosan bawa anak anda bepergian keluar rumah ataupun ke tempat permainan. Bila ada banyak tulisan di tempat permainan tersebut, maka kenalkan pada anak anda dan latih ia membaca. Bacakan huruf kemudian minta anak untuk mengulanginya dan sesekali suruh anak tersebut untuk membaca atau menebak huruf yang ditemukan.

Itulah berbagai tips dan cara melatih anak autis membaca. Bila anda memiliki anak autis yang belum bisa membaca maka anda bisa mencoba cara yang telah dijelaskan diatas. Selamat mencoba.

Wajib Tahu! Begini Cara Melatih Anak Autis Membaca Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sebelumnya membahas tentang cara melatih anak autis bicara lancar. Dan kali ini akan membahas tentang cara melatih anak autis membaca dan semoga bisa menjadi solusi untuk para orang tua yang ingin mengajarkan membaca pada...
tips - by ,
4/ 5stars

One response to “Wajib Tahu! Begini Cara Melatih Anak Autis Membaca”

  1. Ridwan Hadif says:

    sebenernya gapapa juga sih hidup sama penderita autis. ga ada salahnya kok. mereka juga manusia yg diciptakan Tuhan. jangan pandang merkea remeh, bisa jadi mereka punya banyak kelebihan daripada kita. Bagi yang punya banyak pengalaman tentang hidup bersama penderita autis, mari dishare yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *