Tips Untuk Mengatasi Nyeri Perut Berlebih Saat Menstruasi

Diposkan oleh : pada tanggal 28 May. 2016 Kategori Tips Sehat

Nyeri saat menstruasi, terkadang memang umum terjadi pada beberapa wanita. Tidak semua, tapi pasti diantaranya ada yang pernah mengalami sakit yang teramat sangat, sampai terkadang tidak bisa bangun dan bergerak sedikitpun.

Tips Untuk Mengatasi Nyeri Perut Berlebih Saat Menstruasi

Lalu, apa yang menyebabkan nyeri menstruasi bisa terjadi? Ternyata hal ini disebabkan oleh dinding rahim yang mengalami kontraksi. Dari kontraksi inilah, pembuluh darah terjepit hingga menimbulkan iksemi jaringan. Maka dari itu, efeknya berdampak pada sakit yang terjadi pada perut, nyeri punggung dan kaku, dan terkadang disertai meriang.

Untuk mengatasi nyeri yang timbul sebenarnya cukup mudah, tidak harus dengan selalu obat. Dibawah ini adalah beberapa pilihan yang bisa digunakan untuk mengatasi nyeri berlebiuh saat menstruasi, diantaranya, adalah:

  • Kompres air hangat.

Mengkompres perut dengan air hangat adalah cara yang termudah untuk dilakukan. Selain meredakan rasa sakit, air hangat juga membantu ‘menyamankan’ kondisi perut. Anda bisa mengompres perut dengan handuk yang sebelumnya telah direndam di air hangat, atau masukan air hangat pada botol bersih dari kaca, botol karet, apapun yang bisa menahan air tetap panas / hangat. Tempelkan di perut yang terasa sakit, berbaringlah dan sakit perut akan mereda.

  • Minum kunyit asam.

Sejak dahulu, kunyit asam memang dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Sama halnya dalam meredakan nyeri menstruasi. Kunyit asam yang alami, bisa Anda buat sendiri, atau temukan pada tukang jamu yang biasa berkeliling. Minum air kunyit asam lebih baik jika masih hangat, selain menghangatkan perut juga meredakan nyeri yang terjadi.

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Ketika seorang wanita sedang dalam masa menstruasi, terkadang bisa mengalami anemia dan berkurangnya sel darah merah. Pada saat sel darah merah di tubuh ini berkurang, maka secara otomatis akan membuat badan lemas dan lebih mudah merasakan nyeri yang terjadi. Untuk mengatasinya, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi di dalamnya, seperti bayam, ubi merah, dan hati ampela ayam.

  • Tidak memakai pakaian yang ketat.

Harus diperhatikan jika Anda sedang dalam keadaan menstruasi, Anda harusnya tidak boleh memakai pakaian yang ketat karena selain dapat menyebabkan rasa sakit, hal tersebut juga bisa menyebabkan Anda rentan dengan selulit.

  • Istirahat yang cukup.

Usahakan untuk beristirahat dengan cukup untuk menghindari nyeri menstruasi.

Itu dia beberapa tips sehat yang bisa dilakukan untuk Anda para wanita yang sering mengalami sakit saat menstruasi. Semoga dapat bermanfaat ya, salam!

Tips Untuk Mengatasi Nyeri Perut Berlebih Saat Menstruasi |

Tips Untuk Mengatasi Nyeri Perut Berlebih Saat Menstruasi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Nyeri saat menstruasi, terkadang memang umum terjadi pada beberapa wanita. Tidak semua, tapi pasti diantaranya ada yang pernah mengalami sakit yang teramat sangat, sampai terkadang tidak bisa bangun dan bergerak sedikitpun. Lalu, apa yang...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *