Tips Tidur Berkualitas dan Menyehatkan

Diposkan oleh : pada tanggal 7 Oct. 2014 Kategori Tips Sehat

Tips Sehat Online,- Anda yang sering tidur lebih dari 10 jam dalam sehari malah lemas, sedangkan yang hanya tidur 3-4 jam sehari malah kuat beraktivitas seharian meski di ruangan ber-AC. Hal ini terjadi karena tidur yang baik bagi seseorang tidak bisa dilihat dari lamanya waktu tidur, namun kualitasnya. Untuk itu, menjaga atau menciptakan tidur yang berkualitas dan menyehatkan merupakan hal yang sangat penting.

Tips Tidur Berkualitas dan Menyehatkan

Berikut ini beberapa Tips Tidur Berkualitas dan Menyehatkan yang bisa anda praktekan :

tidur sehatBiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari

Tentukan ritme waktu tidur anda dan konsistenlah dengan waktu tersebut. Setelah beberapa waktu mengikuti pola tersebut, tubuh akan memiliki semacam waktu natural dan sangat membantu dalam mengelola tidur.

Gunakan kamar tidur untuk tidur, bukan sebagai ruangan serbaguna

Berbagai alat elektronik seperti televisi, komputer, atau gadget bisa memberikan signal kepada otak agar tidak tidur. Jangan tempatkan barang-barang tersebur di dalam kamar tidur, dan gunakanlah sebelum waktu tidur anda.

Pastikan kamar tidur anda tenang, gelap, sejuk dan nyaman

Dengan kondisi tersebut, kamar tidur menjadi tempat yang nyaman dan membuat tubuh menjadi rileks, sehingga menjadikan tidur lebih berkualitas.

Hindari alkohol, kafein, dan nikotin sebelum tidur

Alkohol, nikotin, Kopi, teh, coklat dan minuman bersoda dapat menstimulasi tubuh untuk tetap terjaga. Hal ini dikarenakan munuman atau makanan tersebut mengandung kafein. Sebaiknya jangan mengkonsumsinya sekitar 4-6 jam sebelum waktu tidur anda.

Lewatkan tidur siang

Jangan gunakan waktu tidur di siang hari untuk tidur karena akan mengganggu waktu tidur di malam hari. Jika managemen waktu tidur malam hari anda berjalan baik, maka anda tidak lagi membutuhkan tidur siang.

Sempatkan untuk olahraga setiap hari

Tubuh akan selalu aktif secara fisik akan sangat membantu untuk memastikan tidur yang nyenyak di malam hari. Akan tetapi, jangan berolaraga mendekati jam tidur karena malah dapat menyulitkan tubuh untuk tertidur.

Ciptakan ritual tidur sendiri

Ciptakan ritual untuk diri sendiri seperti mendengarkan musik slow, membaca, ata mandi air hangat. Lakukan hal-hal tersebut sekitar 15-30 menit sebelum waktu tidur anda. Jika telah terbiasa menajdi ritual, hal tersebut akan sangat membantu anda tertidur.

Jika susah tertidur, jangan berdiam di tempat

Jika setelah 20 menit berbaring namun merasa kesulitan untuk tertidur, jangan terus berbaring sambil terjaga atau uring-uringan di tempat tidur. Hal tersebut malah akan membuat resah dan tambah menyulitkan usaha anda untuk tertidur. Bangunlah dari tempat tidur, pergi ke tempat lain yang tenang untuk duduk atau berbaring hingga merasa mata anda sudah siap untuk tertidur.

Jadikan tidur sebagai prioritas

Percayalah bahwa tubuh memiliki haknya untuk tidur dan beristirahat. Jangan biarkan aktivitas-aktivitas yang biasa dilakukan di siang hari menghalangi waktu tidur anda. Banyak orang yang mengorbankan waktu tidurnya untuk menyelesaikan pekerjaan, atau bahkan mengorbankannya dengan aktivitas yang tidak terlalu penting seperti menonton tv, bermain game, internet dan lain sebagainya. Ingatlah waktu tidur yang sudah anda tentukan dan konsistenlah dengan jadwal tersebut.

Itulah beberapa Tips Tidur Berkualitas dan Menyehatkan yang dapat menjadi solusi atas permasalahan anda dalam tidur. Semoga bermanfaat 🙂

Sumber ( www.webkesehatan.com )

Tips Tidur Berkualitas dan Menyehatkan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Anda yang sering tidur lebih dari 10 jam dalam sehari malah lemas, sedangkan yang hanya tidur 3-4 jam sehari malah kuat beraktivitas seharian meski di ruangan ber-AC. Hal ini terjadi karena...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *