Tips Sehat Sederhana di Hari Lebaran

Diposkan oleh : pada tanggal 16 Jul. 2015 Kategori Tips Sehat

Lebaran sebentar lagi… ๐Ÿ™‚ Sepertinya hari kemenangan yang banyak ditunggu telah tiba, terutama oleh anak-anak yang baru belajar menjalankan ibadah puasa selama satu bulan ini.

Hari raya ini banyak dimanfaatkan sebagai ajang pembalasan karena selama satu bulan penuh ini kita harus benar-benar menahan lapar selama kurang lebih 14 jam. Hal inilah yang mendorong kita tidak memperhatikan jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi selama lebaran, terlebih dengan disediakannya beraneka jenis makanan dan minuman yang telah menjadi tradisi lebaran di tanah air.

Kegiatan ini tentunya akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, sehingga anda perlu memerhatikan beberapa Tips Sehat Sederhana di Hari Lebaran berikut ini.

Tips Sehat Sederhana di Hari Lebaran

tips sehat di hari lebaran

Perhatikan porsi makan

Kita jangan memaksakan tubuh untuk makan dengan porsi yang berlebihan, berhentilah sebelum kenyang, dan mulailan sebelum lapar seperti sunah Rasulullah SAW.

Jenis makanan perlu dibatasi

Sebaiknya batasi jenis makanan yang bersantan dan berminyak karena makanan jenis ini membuat kadar kolesterol LDL melonjak melebihi kolesterol HDL.

Baca juga : Alasan Mengapa Lada Bisa Sebabkan Bersin

Atur jadwal makan

Aturlah jadwal makan anda hanya saat sarapan, makan siang, dan makan malam.

Mengubah pola makan

Di samping menyiapkan hidangan utama lebaran seperti ketupat dan opor ayam, anda juga bisa menambahkan makanan lain seperti tahu tempe dan jangan lupa untuk menyertakan buah dan sayuran.

Kurangi konsumsi makanan manis

Dengan membatasi jenis makanan seperti ini, kadar gula darah dalam tubuh akan tetap terkontrol dengan baik.

Minum air putih dengan cukup

Sebaiknya hindari softdrink atau minuman manis jenis lain, dan utamakan untuk minum air putih sebagai menjaga kesehatan tubuh.

Aktifitas fisik

Jangan lupa untuk melakukan kegiatan fisik seperti olahraga untuk tetap menjaga kelancaran sistem metabolisme tubuh.

Semoga tips sehat di atas dapat bermanfaat. Selamat hari raya idul fitri 1 Syawal 1436 H, minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. ๐Ÿ™‚

 

Tips Sehat Sederhana di Hari Lebaran Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Lebaran sebentar lagi… ๐Ÿ™‚ Sepertinya hari kemenangan yang banyak ditunggu telah tiba, terutama oleh anak-anak yang baru belajar menjalankan ibadah puasa selama satu bulan ini. Hari raya ini banyak dimanfaatkan sebagai ajang pembalasan karena...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *