Tips Sehat Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Diposkan oleh : pada tanggal 22 Mar. 2016 Kategori Tips Sehat

Kesehatan mata, sangat dibutuhkan bagi mereka yang dituntut bekerja berhadapan dengan komputer setiap saat, atau anak-anak yang belakangan lebih banyak menghabiskan waktunya di depan komputer. Padahal, jika tidak dijaga dengan baik, selain kelelahan mata juga bisa menimbulkan gangguan atau masalah dikemudian hari.

Tips Sehat Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Nah, untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah dari terjadinya gangguan pada mata ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Diantara berikut ini, adalah beberapa tips menjaga kesehatan mata untuk mereka yang aktif di depan komputer.

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur.

Mengonsumsi buah dan sayuran sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Pada umumnya daging, sayur dan buah-buahan mengandung vitamin yang bermanfaat untuk tubuh salah satunya adalah kesehatan mata. Menjaga kesehatan mata membutuhkan vitamin A yang bisa didapatkan melalui sayur-sayuran serta buah. Bagi Anda yang sering berhadapan di depan layar monitor, alangkah baiknya untuk mengimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat tersebut.

  • Menggunakan pelindung layar di komputer.

Pelindung layar untuk sebuah komputer sangat penting untuk melindungi mata dari pancaran langsung sinar. Untuk itu mempertimbangkan penggunaan pelindung layar merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu Anda juga bisa menggunakan kaca mata pelindung mata saat di depan komputer.

  • Tempatkan komputer di ruangan yang cukup akan cahaya.

Menempatkan komputer di ruangan cukup cahaya menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan. Ini bertujuan untuk mengurangi efek samping pada kesehatan mata. Secara medis bermain komputer di tempat yang redup dengan kondisi sinar yang dihasilkan layar dapat mempengaruhi kinerja mata. Untuk itu gunakan juga kacamata pelindung atau pelindung layar.

  • Mengatur kecerahan pada layar monitor.

Penting juga untuk memperhatikan cara yang satu ini yaitu mengatur kecerahan pada layar monitor. Cerahnya layar monitor dapat mempengaruhi tingkat fleksibilitas pada otot mata. Hindari kondisi layar terlalu cerah dan hindari juga kondisi layar terlalu redup. Anda harus menyeimbangkan kondisi layar pada monitor.

  • Mengistirahatkan mata secara berkala.

Menjaga kesehatan mata di depan komputer berikutnya adalah mengistirahatkan mata secara berkala. Secara normal mengedipkan mata sebanyak 18 kali dalam satu menit. Namun dengan menatap layar komputer maka intensitas mengedipkan mata akan berkurang. Oleh sebab itu istirahatkan mata secara berkala atau mengalihkan pandangan untuk menghindari kelelahan mata. Manfaatkan waktu istirahat untuk merelaksasikan mata.

Demikianlah beberapa tips yang semoga dapat bermanfaat untuk Anda dalam menjaga kesehatan mata. Nantikan tips sehat lainnya, salam!

Tips Sehat Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer |

Tips Sehat Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kesehatan mata, sangat dibutuhkan bagi mereka yang dituntut bekerja berhadapan dengan komputer setiap saat, atau anak-anak yang belakangan lebih banyak menghabiskan waktunya di depan komputer. Padahal, jika tidak dijaga dengan baik, selain kelelahan mata...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *