Tips Sehat Menjaga Hormon Wanita Tetap Seimbang

Diposkan oleh : pada tanggal 7 Jul. 2017 Kategori Tips Sehat

Salah satu dari sekian banyak hal penting di dalam tubuh, tidak lain adalah hormon. Hormon-hormon yang terdapat di dalam tubuh berbeda satu sama lain dan memiliki fungsi dan kinerjanya masing-masing. Hormon juga lah yang mengatur emosi, fungsi otak kita dan kemampuan fisik. Hormon juga berperan besar dalam mengatur fungsi tubuh seperti menstruasi pada wanita, gairah seksual hingga sistem reproduksi.

Tips Sehat Menjaga Hormon Wanita Tetap Seimbang

Khusus pada wanita, kestabilan hormon harus tetap jadi perhatian penting. Karena dengan hormon yang tetap stabil, menjadikan emosi selalu terjaga, dan terhindar dari gejala-gejala Pre-Menstruasi. Ada beberapa cara sehat yang bisa dicoba untuk membantu para wanita menyeimbangkan hormon mereka. Dan berikut ini adalah beberapa tipsnya.

  • Mengkonsumsi Lemak sehat.

Sangat penting untuk menghindari lemak-lemak trans atau lemak jahat. Namun tubuh tetap membutuhkan asupan lemak sehat yang bisa didapat dari bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, buah alpukat, dan masih banyak lagi. Memastikan kebutuhan asam lemak Omega 3 tercukupi dengan baik adalah salah satu cara krusial menjaga keseimbangan hormon.

  • Menghentikan penggunaan produk berbahaya.

Periksa lagi beberapa produk produk kecantikan dan perawatan tubuh yang Anda gunakan, apakah aman atau justru mengandung bahan berbahaya seperti paraben? Zat-zat kimia tertentu bila digunakan secara rutin dapat mengganggu keseimbangan hormon. Jadi penting untuk mengecek lagi komposisi dari ragam produk yang Anda gunakan setiap hari.

  • Menjaga kesehatan pencernaan.

Usahakan untuk bisa selalu buang air besar secara rutin. Seperti yang telah dikutip dari laman Boldsky, kesehatan pencernaan memegang peranan penting dalam menjaga keseimbangan hormon. Jika sistem pencernaan bermasalah, maka bisa menyebabkan sejumlah masalah termasuk masalah keseimbangan hormon.

  • Mengelola stres.

Kesulitan untuk mengelola stres dengan baik dikarenakan berbagai kesibukan dan masalah, stres seringkali sulit untuk dihindari. Penting untuk Anda ketahui, stres dapat menyebabkan produksi hormon kortisol meningkat. Dampaknya bisa mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh.

  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol.

Alkohol merupakan zat yang bisa langsung mempengaruhi senyawa kimia otak. Jadi jika Anda mengonsumsi alkohol, besar kemungkinan keseimbangan hormon dalam tubuh Anda akan terganggu.

  • Berolahraga rutin.

Olahraga rutin membantu meningkatkan jalannya metabolisme dan memastikan kelenjar Endokrin bisa memproduksi hormon yang sehat. Maka dari itu sekarang mari lebih rutin olahraganya agar keseimbangan hormon terjaga dengan baik.

Demikianlah Tips Sehat Menjaga Hormon Wanita Tetap Seimbang, semoga tips diatas dapat bermanfaat untuk Anda. Salam!

Posted by Hani H.

Tips Sehat Menjaga Hormon Wanita Tetap Seimbang Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Salah satu dari sekian banyak hal penting di dalam tubuh, tidak lain adalah hormon. Hormon-hormon yang terdapat di dalam tubuh berbeda satu sama lain dan memiliki fungsi dan kinerjanya masing-masing. Hormon juga lah yang...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *