Tips Sehat Membersihkan Karang Gigi

Diposkan oleh : pada tanggal 29 Jan. 2015 Kategori Tips Sehat

Karang gigi terbentuk dari plak (sisa makanan yang menempel di permukaan gigi). Plak yang semakin menumpuk tersebut tidak dibersihkan dan bercampur dengan timbunan kalsium yang bersumber daru air ludah dan cairan gusi. Kemudian ia akan mengeras sehingga terbentuklah karang gigi.

Bakteri yang tumbuh pada karang gigi dapat mengganggu dan merusak gusi, sehingga dapat mengakibatkan penyakit gusi. Penyakit gusi yang ditimbulkan ini akan berlanjut pada kondisi yang lebih memprihatinkan jika tidak segera ditangani.

Untuk itulah, akar dari permasalahan penyakit gigi dan gusi ini harus ditangai sedini mungkin. Berikut ini kami informasikan beberapa Tips Sehat Membersihkan Karang Gigi.

Tips Sehat Membersihkan Karang Gigi

 

cara membersihkan karang gigi

  1. Rajin menggosok gigi,- Dengan menyikat gigi secara teratur, sisa-sisa makanan penyebab plak dan karang gigi yang terselip di gigi akan mudah dibersihkan.
  2. Menggunakan pasta gigi khusus,- Pilihlah pasta gigi yang tepat untuk membersihkan karang gigi seperti pasta gigi yang mengandung fluroid atau tartar control yang ampuh dalam menghilangkan karang gigi.
  3. Flossing,- Dengan menggunakan flossing, maka sisa-sisa makanan pada mulut serta bakteri yang tinggal di dalamnya akan dihilangkan secara menyeluruh.
  4. Mengkonsumsi apel,- Apel memiliki kandungan zat-zat yang bisa menghilangkan karang gigi seperti Vitamin C.
  5. Mengkonsumsi melon,- Mengkonsumsi melon akan merangsang produksi air liur, sehingga kebersihan akan tetap terjaga.
  6. Minum air putih,- Air putih memang dikenal memiliki khasiat yang beragam, salah satunya adalah untuk membersihkan karang gigi yang bersarang pada gigi. Caranya, anda hanya perlu rutin minum air putih setiap hari, minimal 8 gelas sehari.
  7. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung,- Makanan yang biasanya cepat memicu plak pada gigi adalah makanan-makanan yang terbuat dari gula dan tepung. Oleh karena itu, anda perlu mengurangi konsumi makanan yang mengandung gula dan tepung.
  8. Memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali,- Memeriksakan gigi sebaiknya bukan hanya saat gigi dalam masalah, namun saat gigi sehat pun perlu pemeriksaan, agar jika suatu saat gigi mengalami masalah seperti halnya karang gigi, dokter akan lebih cepat mengambil tindakan.

Nah itulah beberap tips sehat untuk membersihkan karang gigi yang dilansir dari kesehatangigi.blogspot.com. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi solusi permasalahan karang gigi yang anda alami. 🙂

 

Tips Sehat Membersihkan Karang Gigi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Karang gigi terbentuk dari plak (sisa makanan yang menempel di permukaan gigi). Plak yang semakin menumpuk tersebut tidak dibersihkan dan bercampur dengan timbunan kalsium yang bersumber daru air ludah dan cairan gusi. Kemudian ia...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *