Tips Ringan Untuk Menjalani Hidup Sehat

Diposkan oleh : pada tanggal 4 Jun. 2015 Kategori Gaya Hidup Sehat

Tips Ringan Untuk Menjalani Hidup Sehat,- Tips Sehat Online kali ini akan berbagi informasi mengenai beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai pola hidup sehat. Seperti yang dilansir situs kolomsehat.com, bahwa tidak ada yang bisa menyangkal jika menjadi sehat berawal dari membuat diri sendiri aktif. Tetapi seringkali, karena berbagai kenyamanan (dan kemanjaan) dalam gaya hidup sekarang dimana merupakan gaya hidup yang serba modern, praktis, dan otomatis, membuat kita menjadi pasif. Aktivitas yang melibatkan pengerahan energi dalam jumlah besar semakin berkurang. Semakin kita terpaku pada gaya hidup demikian, semakin besar resiko menurunnya tingkat kesehatan kita. Aktivitas fisik yang tidak seimbang semacam itu bahkan sama bahayanya dengan kebiasaan merokok.

gaya hidup sehat

Oleh karenanya, Anda harus memulai dengan memotivasi diri sendiri dan membiasakan untuk menjalani lebih banyak aktifitas khususnya aktifitas fisik. Aktifitas fisik seperti ini memang banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti olahraga misalnya. Olahraga akan membuat badan lebih aktif. Selain itu, bebebrapa aktifitas yang mengeluarkan energi banyak juga perlu Anda coba.

Beberapa saran ringan dari para ahli untuk memulainya, dan olahraga adalah salah satu contoh saja. Anda bisa menerapkannya untuk bentuk aktivitas atau upaya kesehatan lainnya, misalnya: diet, mengatur pola makan sehat, dll. Dan berikut adalah beberapa saran ringan dari para ahli untuk memulainya, dan olahraga adalah salah satu contoh saja. Anda bisa menerapkannya untuk bentuk aktivitas atau upaya kesehatan lainnya, misalnya: diet, mengatur pola makan sehat, dll.

1. Buat rencana dan jadwal

Membuat suatu aktivitas fisik menjadi rutinitas yang natural itu membutuhkan proses. Anda harus merencanakan, menjadwal, dan membiasakannya dengan diri anda. Ambil waktu yang telah disesuaikan sedemikan rupa dengan gaya hidup dan rutinitas harian. Siang, pagi, sore, atau malam? Terserah anda yang menentukan. Buatlah eksperimen untuk mendapatkan waktu yang tepat. Kebanyakan dari kita memiliki waktu yang longgar di pagi hari, maka sebagai contoh, susunlah durasi dan rangkaian aktivitas olah raga di pagi hari.

2. Lakukan perlahan dan bertahap

Sebagaimana yang tadi telah disampaikan di awal, segala sesuatu butuh proses. Dan suatu proses butuh tahapan. Jangan tergesa-gesa dalam menentukan jenis aktivitas olahraga yang terlalu berat dan dengan durasi lama. Fokuslah terlebih dahulu pada merutinkan atau membiasakan suatu aktivitas. Mulai dari yang ringan hingga berat. Mulai dari durasi pendek hingga lama. Lakukan secara bertahap hingga fisik anda semakin terbiasa dengan aktivitas yang lebih berat, dan dalam jangka waktu lebih lama. Poin pentingnya adalah anda harus menikmati jenis aktivitas olahraga yang Anda pilih. Sebagai awal, misalnya, mulailah dengan aktivitas olahraga jalan kaki dengan durasi cukup dari 10 hingga 20 menit. Kemudian tambah secara perlahan namun bertahap.

3. Lakukan sebagai relaksasi

Banyak orang yang telah terbiasa melakukan olahraga secara rutin mengaku bahwa aktivitas yang mereka lakukan itu memberikan rasa santai, rileks, dan segar. Dan tentu membuat tubuh lebih bertenaga dan memiliki daya tahan lebih. Penelitian juga membuktikan bahwa aktivitas yang membutuhkan pengeluaran energi besar memiliki efek baik bagi mood. Aktivitas yang membutuhkan cukup tenaga juga memberikan efek penurunan ketegangan, depresi, dan rasa lelah secara signifikan dalam jangka waktu tertentu. Maka pandanglah aktivitas olahraga anda sebagai upaya untuk memberikan rasa santai, rileks, sebagai alat relaksasi, dan bukan sebagai sesuatu yang membebani pikiran Anda.

4. Jangan mudah menyerah

Jangan mudah menyerah apalagi bersedih jika anda kehilangan satu atau dua sesi yang sudah anda jadwalkan sebelumnya. Jangan pula mudah menyerah saat melakukannya. Anda tidak perlu memikirkan efek sementara atau jangka pendek. Tetapi lakukan dengan motivasi bahwa itu berfungsi sebagai investasi jangka panjang, demi kesehatan anda sepanjang hidup. Jika anda sudah terbiasa, maka Anda tidak akan memandangnya sebagai sebuah tuntutan atau kewajiban, tetapi sebagai kebutuhan sekaligus keinginan. Namun demikian, jika memang lelah, beristirahatlah. Lakukan itu sebagai sebuah kebiasaan menyenangkan, tanpa tekanan.

5. Bersenang-senanglah

Akhirnya, pandang aktivitas olahraga yang Anda lakukan sebagai hal yang menyenangkan, menarik, menyegarkan, bahkan menghibur. Kejarlah tujuan-tujuan tertentu untuk aktivitas itu, selain demi kesehatan Anda, misalnya  sebagai hiburan, menambah pertemanan (aktivitas bersama), atau apapun tujuan itu. Yang terpenting adalah jangan pandang aktivitas Anda hanya sebagai upaya untuk meningkatkan kesehatan semata.

Nah, demikianlah beberapa Tips Ringan Untuk Menjalani Hidup Sehat yang bisa Anda terapkan mulai sekarang untuk menjalani gaya hidup sehat. Semoga dapat bermanfaat ya, untuk Anda. Terima kasih dan salam!

Tips Ringan Untuk Menjalani Hidup Sehat Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Ringan Untuk Menjalani Hidup Sehat,- Tips Sehat Online kali ini akan berbagi informasi mengenai beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai pola hidup sehat. Seperti yang dilansir situs kolomsehat.com, bahwa tidak ada yang bisa...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *