Tips Praktis Lenyapkan Pestisida pada Buah dan Sayuran

Diposkan oleh : pada tanggal 11 Dec. 2015 Kategori Tips Sehat

tips lenyapkan pestisida pada buah dan sayuran

Buah dan sayuran yang kita beli dari pasar atau supermarket, nyatanya tak bisa langsung kita konsumsi dengan bebas karena kandungan pestisida yang menempel pada buah dan sayuran tersebut berbahaya bagi tubuh.

Untuk menghilangkan pestisida yang menempel pada buah dan sayuran tersebut, proses pencucian dengan air rasanya memang kurang cukup. Oleh karena itu, anda bisa menambahkan bahan tertentu mengikuti tips berikut ini, di antaranya :

Garam

Garam, atau lebih tepatnya air garam yang digunakan untuk mencuci buah dan sayuran ini ternyata dapat menghilangkan pestisida yang menempel pada buah dan sayuran tersebut. Caranya, anda cukup menuangkan sedikit garam ke wadah berisi air bersih, kemudian masukkan buah dan sayuran ke dalam wadah tersebut. Setelah itu, diamkan selama 10 menit, kemudian cuci kembali dengan air bersih.

Cuka

Anda juga bisa menambahkan cuka untuk membersihkan buah dan sayuran. Caranya dengan menambahkan cuka tersebut sekitar satu cangkir ke dalam wadah yang cukup besar, kemudian cuci buah dan sayuran tersebut. Pemanfaatan cuka ini dikarenakan cuka memiliki keampuhan dalam membunuh kuman dan bakteri pada pestisida.

Baca juga : Tips Mudah Untuk Menaikan Berat Badan

Bubuk Kunyit

Kunyit dikenal sebagai bumbu dapur yang memiliki sifat antibakteri yang efektif membunuh kuman dan bahan berbahaya, termasuk pada pestisida yang menempel di buah dan sayuran. Caranya, cukup tambahkan 5 sdt bubuk kunyit ke dalam air yang telah direbus. Setelah itu, cuci buah dan sayuran tersebut dengan air kunyit yang ada.

Kulitnya harus dikupas (buah)

Untuk menghilangkan pestisida yang menempel pada buah, banyak yang menggunakan cara dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu baru kemudian mencuci buah tersebut. Namun cara ini diyakini oleh sebagian orang dapat menghilangkan vitamin yang ada di dalam buah tersebut, terutama pada buah apel.

Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat tanpa menghilangkan kandungan yang ada pada buah dan sayurannya sendiri. 🙂

Tips Praktis Lenyapkan Pestisida pada Buah dan Sayuran Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Buah dan sayuran yang kita beli dari pasar atau supermarket, nyatanya tak bisa langsung kita konsumsi dengan bebas karena kandungan pestisida yang menempel pada buah dan sayuran tersebut berbahaya bagi tubuh. Untuk menghilangkan pestisida...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *